Text
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL (KONTROL DIRI) DALAM MENGGUNAKAN GADGET SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 5 PAMEKASAN
Kata kunci: Self control (kontrol diri), penggunaan gadget”.
Efektivitas teknik self control (kontrol diri) dalam menggunakan gadget
sebagai media belajar merupakan hal yang sangat erat kaitannya yang sangat penting bagi
siswa tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS I di SMA Negeri 5
Pamekasan dengan jumlah 19 siswa. Dan dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang
digunakan dengan hasil penggunaan gadget siswa. Saat angket yang diberikan setelah belajar
siswa. Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan ekperimen dengan jenis penelitian
wilcoxsom. istrumen penelitian menggunakan angket yang disebarkan pada siswa dengan
jumlah sampel 24 siswa. Peneliti menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
self control bisa diterapkan di SMA Negeri 5 Pamekasan tahun ajaran 2020-2021.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana efektivitas bimbingan kelompok dengan
teknik self control (kontrol diri) dalam meningkatkan gadget sebagai media belajar siswa?
Kedua, apakah terdapat perbedaan penggunaan gadget sebagai media belajar sebelum dan
sesudah di berikan teknik self control (kontrol diri) di SMA Negeri 5 Pamekasan?. Penelitian
ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan rancangan pre experimental design dan
dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Sumber data diperoleh dari siswa
langsung yaitu menggunakan Skala Penggunaan gadget sebagai media belajar siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self control (kontrol diri) dapat
digunaan dalam penggunaan gadget sebagai media belajar siswa. Ditunjukkan dengan uji
paired sample t test diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 maka
ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-test dan post-test. Serta ditunjukkan
dengan nilai t hitung 4,333 lebih besar dari t tabel 2,069, maka ada pengaruh variabel bebas
(X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil pengujian nilai korelasi sebesar 0,727 hampir
mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat
antara teknik self control (kontrol diri) dalam penggunaan gadget sebagai media belajar
siswa. Serta diketahui nilai Sig. 0,000 yang diperoleh kurang dari 0,05 yang berarti ada
perbedaan yang bermakna pada skor penerimaan diri yang dilihat dari nilai pre-test dan posttest.
Tidak tersedia versi lain