Text
PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL-HUSEN BANGKES KADUR PAMEKASAN
Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Prestasi Siswa.
Keberagaman latar belakang dari peserta didik di MTs Al-Husen yang berbeda-beda membuat kesipan belajar dan prestasi belajar masing-masing peserta didik menjadi lebih varitif. Dalam proses pembelajaran memerlukan kesiapan yang matang baik fisik maupun mental sehingga dengan kesiapan yang sudah matang akan berpengaruh terhadap hasil atau prestasi siswa itu sendiri sehingga, memerlukan kesiapn yang matang untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk menganalisis apakah ada pengaruh tentang kesiapan belajar terhadap prestasi siswa di MTs Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan. Kedua, untuk menganalisis seberapa besar pengaruh tentang kesiapan belajar terhadap prestasi siswa di MTs Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik anlisis statistik, dan juga bantuan anlisis SPSS versi 24. Dengan jumlah responden 44. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket), dokumentasi.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis statistik menyatakan bahwa kesiapan belajar berpengaruh terhadap prestasi siswa. Hasil angket tentang kesiapan belajar (variabel X) dengan raport siswa sebagai perwujudan dari prestasi belajar siswa (variabel Y) ternyata menunjukkan hasil yang positif, karena “r” kerja 0.621 lebih besar dari “r” tabel product moment baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1% dimana N = 44 menunjukkan nilai 0.297 dan 0.384. dengan demikian juga berdasarkan nilai standart korelasi, nilai r kerja yaitu 0.621 berada pada rentangan angka antara 0.40 sampai 0.70 dengan interpretasi cukup. Untuk itu kesiapan belajar (variabel X) dengan nilai raport (variabel Y) menunjukkan hasil yang cukup
Tidak tersedia versi lain