Text
PELAKSANAAN EKSTRKURIKULER TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SAMPANG
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Tahfidz, Al-qur’an.
Dalam melaksanakan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah
Negeri Sampang, tentunya melalui proses untuk mengadakan ekstrakurikuler
tersebut.Meskipun prosesnya agak rumit untuk dilalui oleh para guru di MAN
Sampang mengenai pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an, para guru tetap
semangat untuk mengadakan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an. Dengan salah
satunya kepala tetap semangat dalam memilih pembina ekstrakurikuler tahfidz alqur’an dengan cara lebih memperdalam lagi tentang tahfidz al-qur’an.
Dengan melaksanakan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an tersebut berarti
Madrasah Aliyah Negeri Sampang telah ikut andil untuk mengembangkan
generasi muda dalam menjaga dan memelihara kemurniaan al-qur’an. Pastinya
untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi. Sesuai dengan visi yang ada di
Madrasah Aliyah Negeri Sampang yaitu berakhlakul karimah dan unggul dalam
berprestasi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian ini, Yaitu:pertama, Bagaimana pelaksanaan
ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Sampang? dan
kedua, apa dampak dari pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di
Madrasah Aliyah Negeri Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penelitian dilakukan di MAN Sampang karena peneliti sendiri merupakan alumni
MAN Sampang serta juga agar dapat lebih mudah mendapatkan informasi. Subjek
penelitian adalah kepala Madrasah, guru pembina ekstrakurikuler tahfidz Alqur’an, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an. Pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan wawancara , observasi, dan juga dokumntasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama berkaitan dengan
pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri
Sampang yaitu ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an dilaksankan atas hasil rapat para
guru dengan syartat ada salah satu guru yang bisa menjadi pembina
ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an tersebut. Karena ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an
merupakan ekstrakurikuler yang baru di terapkan di MAN Sampang. .
Berkaitan dengan permasalahan penelitian yang kedua yaitu: dampak dari
pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Negeri
Sampang tentunya memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif
bagi siswa secara moral lebih baik lagi, bagi siswa siswi yang bersungguhsungguh mau mengikuti ekstrakurikuler tersebut. Dampak negatifnya
ekstrakurikuler tersebut dijadikan batu loncat bagi siswa untuk tidak mengikuti
KBM di kelas bagi siswa yang tidak bersungguh-sungguh mau mengikuti
ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an dan tidak mau belajar.
Tidak tersedia versi lain