Text
IMPLEMENTASI AAUTHENTIC ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAAWIYAH ASSALAFIYAH SERA BARAT KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013
Kata Kunci: Authentic Assesmeent, Fiqih
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana implementasi Authentic Assessment pada mata pelajaran
Fiqih kelas II (2) di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan
Bluto Kabupaten Sumenep? Kedua, Apa saja faktor penghambat dan faktor
pendukung terhadap implementasi Authentic Assessment pada mata pelajaran fiqih
kelas II (2) di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto
Kabupaten Sumenep dalam Konteks kurikulum 2013?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan
Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan,
perpanjangan kehadiran penelitian, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan, peratama, Implementasi Authentic Assessment
atau pelaksanaan Penilaian Otentik yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih
kelas 2 bisa dikatakan berhasil dalam penerapan kurikulum 2013. Adapun
langkah-langkah dalam pelaksanaan Authentic Assessment pada mata pelajaran
fiqih di MTs Assalafiyah Sera Barat Bluto Sumenep dalam Konteks Kurikulum
2013 ialah a). afektif guru fiqih melakukan observasi langsung terhadap peserta
didik dan mengamati tingkah laku mereka terhadap teman sebaya dan guru,
penilaian ini dilakukan secara langsung dan disimpulkan kemudian dicatat dalam
lembar penilaia b). kognitif guru fiqh memberikan ulangan harian dan tugas untuk
mengukur pengetahuan kognitifnya c). psikomotorik guru fiqih melakukan
penilaian dengan cara melakukan praktek seperti praktek shalat, doa shalat,
gerakan, rukuk, sujud dan lain sebagainya. Kedua, Faktor penghambat dan faktor
pendukung terhadap implementasi authentic assassment pada mata pelajaran fiqih
kelas II di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto
Kabupaten Sumenep dalam Konteks Kurikulum 2013 ialah faktor pendukungnya
yaitu mendelegasikan guru-guru untuk ikut berbagai pelatihan atau penataran
yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, melengkapi fasilitas yang
berkaitan dengan proses pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya yaitu
perbedaan karakter setiap siswa yang dimilikinya yang menjadi kesulitan guru
dalam mengimplemintasikan authentic assassment
Tidak tersedia versi lain