Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERNYANYI DI RA NURUL HUDA II KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
Kata Kunci: Pembelajaran, Matemtika Dan Bernyanyi.
Pembelajaran Matemtika dengan menggunakan metode bernyanyi suatu
pembelajaran yang dilakukan secara rutin dengan menggunakan gerak lagu dan
irama. Salah satu lembaga yang melakukan kegiatan ini adalah RA Nurul Huda II
di kecamatan pasean kabupaten pamekasan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan
untuk meningkatkan kognitif anak dalam belajar khususnya pada pembelajaran
Matematika. Kajian pokok yang terdapat pada penelitian ini adalah “pertama,
Mengapa pentingnya pembelajaran Matematika dilakukan di RA Nurul Huda II
Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Kedua, Bagaimana penerapan
pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode bernyanyi dapat
mengembangkan kemampuan kognitif anak di RA Nurul Huda II Kecamatan
Pasean Kabupaten Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan pembelajaran Matematika dengan metode
bernyanyi di RA Nurul Huda II Desa Batukerbuy Kecamatan Pasean Kabupaten
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pemaparan
yang berjenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu menggunakan cara wawancara,
observasi dan dokumentasi. Menggunakan tehnik pengecekan keabsahan data
melalui keikutsertaan dalam meneliti dan tringulasi.berdasarkan dari penelitian
ini, dapat disimpulkan bahwasanya kegiatan Implenetasi pembelajaran
Matematika dengan metode bernyanyi mampu berlangsung dengan baik,
meskipun di dalamnya terdapat faktor pendukung dan penghambat, akan tetapi
tidak berpengaruh yang besar dalam berlangsungnya kegiatan ini. Pelaksanaan
keagiatan Implementasi pembelajaran Matematika dengan metode bernyanyi di
RA Nurul Huda II kecamatan pasean kabupaten pamekasan ini dilakukan sejak
tahun 2017. Kegiatan ini dilakukan setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran inti
dimuali, akan tetapi untuk pemberian materi dilakukan seminggu 3x, seperti
halnya menulis dan pemberian tugas dalam pembelajaran Matematika. Faktor
pendukung Implementasi pembelajaran Matematika dengan metode bernyanyi di
RA Nurul Huda II kecamatan pasean kabupaten pamekasan yaitu respon yang
baik dari oran tua peserta didik dan semangat anak dalam melakukan kegiatan
pembelajaran ini dengan metode bernyanyi. Melihat meningkatnya semangat anak
dalam belajar maka disarankan bagi guru kedepannya lebih kreatif lagi dalam
menambah metode-metode yang menarik untuk anak dengan tujuan selain
meningkatkan kognitif anak juga meningkatkan semangat anak dalam belajar.
Agar lebih optimal disarankan pula bagi guru agar lebih disiplin lagi dalam
menggunakan waktu pembelajaran. hal ini bertujuan untuk memberikan contoh
yang baik pada anak bahwasanya kedisplinan dalam waktu juga amat penting
Tidak tersedia versi lain