Text
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL ANAK DENGAN KEPRIBADIAN INTROVERT KELAS X TBS DI SMK AL-HUSEN TANJUNG-PADEMAWU
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial, Kepribadian Introvert
Pada zaman sekarang ini sangat penting bagaimana cara berinteraksi sosial yang baik antar sesama terutamanya dengan lingkungan khususnya anak yang memiliki kepribadian Introvert. Apalagi pada masa peralihan dari jenjang sekolah menengah pertama menuju pada jenjang sekolah menengah atas. Pada masa itulah siswa yang memiliki kepribadian introvert diperlukannya bantuan untuk membantu meningkatkan interaksi sosialnya Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu dan meningkatkan kualitas interaksi sosial siswa yang berkepribadian introvert dengan pemberian layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Adakah Efektivitas pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan kualitas Interaksi sosial anak dengan kepribadian Introvert di SMK Al-Husein Tanjung-Pademawu, kedua, Seberapa besar Efektivitas pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan kualitas Interaksi sosial anak dengan kepribadian Introvert di SMK Al-Husein Tanjung-Pademawu.
Penelitian ini termasuk Penelitian dengan rancangan eksperimen one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kemampuan interaksi social dan menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai pendukung. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sampel t tes. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial anak yang berkepribadian introvert..
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatkan interaksi sosial siswa yang berkepribadian introvert Kelas X TBS di SMK Al-Husen Tanjung-Pademawu. . Kedua, Tingkat efektivitas bimbingan kelompok terhadap peningkatkan interaksi sosial siswa yang berkepribadian introvert kelas X TBS di SMK Al-Husen Tanjung-Pademawu ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test sebesar 70,82 sedangkan jumlah nilai rata-rata pre-test sebesar 43,94. Berdasarkan pengambilan uji Paired Sampel T test, dapat diketahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial siswa yang berkepribadian introvert kelas X TBS di SMK Al-Husen Tanjung-Pademawu, ditujukkan dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, Juga dapat dilihat dari hasil t hitung (8,443) > t tabel (2,120) jadi dapat disimpulkan juga ad pengaruh variable bebas (X) terhadap variable terikat (Y).
Tidak tersedia versi lain