Text
IMPLEMENTASI EVALUASI PENDIDIKAN BERBASIS E-RAPORT SEBAGAI PENGOLAHAN NILLAI SISWA DI SMAN 1 PAMEKASAN
Kata Kunci: Evaluasi Pendidikan, E-raport dan Pengolahan Nilai Siswa.
Dalam suatu lembaga pendidikan evaluasi merupakan langkah
utama yang secara pokok menjadi suatu tolak ukur untuk mengetahui
pencapaian suatu program. Dalam kegiatan belajar, evaluasi diperlukan
untuk mengetahui pencapaian peserta didik. Untuk itu, laporan evaluasi
hasil belajar berupa raport seyogyanya dapat disajikan secara praktis dan
sistematis. Untuk itu, di SMAN 1 Pamekasan pengolahan data nilai peserta
didik diinformasikan melalui suatu aplikasi berbasis E-raport. Dalam
penelitian ini, terdapat empat fokus penelitian. Pertama tentang
bagaimana perencanaan Implementasi Evaluasi Pendidikan Berbasis Eraport di SMAN 1 Pamekasan. Kedua, tentang proses Implementasi
Evaluasi Pendidikan Berbasis E-raport di SMAN 1 Pamekasan. Ketiga hasil
Implementasi Evaluasi Pendidikan Berbasis E-raport di SMAN 1
Pamekasan, dan yang keempat adalah faktor pendukung dan penghambat
Implementasi Evaluasi Pendidikan Berbasis E-raport di SMAN 1
Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi
Evaluasi Pendidikan Berbasis E-raport sebagai Pengolahan Nilai Siswa di
SMAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah operator sekolah, wali kelas, dan juga
guru mata pelajaran. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajengan
pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan
oleh peneliti dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, perencanaan
implementasi evaluasi pendidikan ini dilakukan dengan mengadakan rapat
terlebih dahulu. Kedua, proses implementasi evaluasi pendidikan berbasis
e-raport dilakukan dengan mengadakan In House Training, dilanjutkan
dengan proses mengolah data nilai peserta didik. Ketiga, hasil
implementasi evaluasi pendidikan berbasis e-raport adalah berupa buku
rapot pada umumnya yang diberikan tiap satu semester kepada para wali
peserta didik. Keempat faktor pendukung dalam implementasi evaluasi
pendidikan berbasis e-raport ini adalah koneksi internet, laboratorium
computer (hardware), server untuk mengakses aplikasi e-raport, dan
pelatihan atau workshop tentang E-raport. Sedangkan faktor
penghambatnya meliputi koneksi internet yang tidak memadai, data nilaiv
siswa yang tidak lengkap, adanya beberapa guru yang belum faham dan
juga tahu tentang aplikasi e-raport.
Tidak tersedia versi lain