Text
PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MINIMARKETMUMTAZ JUNGCANGCANG PAMEKASAN
Kata Kunci :Produk, Harga, Minat Beli
Pada era globalisasi, dunia perdagangan dewasa ini terjadi persaingan
didalam memasarkan produk atau jasa. Kegiatan pemasaran memiliki peran yang
sangat penting dalam dunia usaha, mengingat orientasinya terhadap masyarakat
(konsumen). Keadaan dunia usaha berubah dinamis seiring dengan perubahan
selera konsumen dan perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya.
Kebutuhan konsumen yang terus meningkat, menjadi peluang bisnis. Hal tersebut
menjadi dasar pemikiran para pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan,
keinginan, dan harapan konsumen sehingga tidak berpaling ke pesaing meski
terjadi perubahan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan harga
terhadap minat beli konsumen di minimarket Mumtaz Jungcangcang Pamekasan.
Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 50 responden dan menggunakan
metode accidental samlping. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji
regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan
pada variabel (produk dan harga) terhadap minat beli, terlihat nilai signifikan di
bawah 0,05 dan nilai Fhitung (514,632) > Ftabel (3,19). Hasil penelitian ini juga
menunjukkan nilai thitung pada variabel produk sebesar (-0,530) dan harga sebesar
(31,024) lebih kecil dari ttabel (2,00) maka dinyatakan terdapat pengaruh terhadap
keputusan pembelian. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 95,6% dari
variabel independen (produk dan harga) terhadap variabel dependen (minat beli).
Sedangkan, sebanyak 4,4% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk
kedalam analisis regresi ini, seperti brand image, ekuitas merek, kualitas produk
dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain