Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASH CARD DI RA MIFTAHUS SHUDUR DSN. ASEMMANIS DS. LARANGAN TOKOL KEC. TLANAKAN KAB. PAMEKASAN
Kata Kunci: Membaca, Bahasa Inggris, Media Flash Card
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa
inggris anak kelompok B di RA Miftahus Shudur Larangan Tokol melalui media
flash card. Penelitian ini di lakukan karena kemampuuan membaca bahasa inggris
anak masih tergolong rendah hal ini disebabkan kurang pembiasaan di sekolah
dan guru kurang pengetahuan di bidang tersebut dalam pemilihan bahan ajar dan
media yang mendukung.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu : petama bagaimana upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris pada anak usia dini melalui
media flash card di RA Miftahus Shudur Dsn. Asemmanis Ds. Larangan Tokol,
kedua Bagaimana hasil peningkatan kemampuan membaca bahasa inggris pada
anak usia dini melalui media flash card di RA Miftahus Shudur Dsn. Asemmanis
Ds. Larangan Tokol.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan
secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan
Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di RA
Miftahus Shudur Larangan Tokol yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 8 lakilaki dan 6 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan
membaca bahasa inggris melalui media flash card. Metode yang di gunakan dalam
pengumpulan data adalah lembar observasi anak. Teknik analisis data penelitian
menggunakan nilai persentase yang di capai anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media flash card dapat
meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris anak kelompok B di RA
Miftahus Shudur Larangan Tokol. Peningkatan ini dapat di lihat dari hasil
observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh pada siklus
I mencapai 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 71%. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan
kemampuan kembaca bahasa inggris anak.
Tidak tersedia versi lain