Text
PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWAA PADAA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 8 MTs AL-GHAZALI ROMBASAN PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Royhan Amin .2021.” Pembelajaran Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembeljaran Akidah Akhlaq Kelas 8 MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep” skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN MADURA, Pembingbing: Drs. H. Saiful Arif M,Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Online, Kreativitas siswa, Akidah Akhlak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam mengungkapkan fenomena yang dilakuka n oleh pihak Madrasah MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep dalam Pembelajaran Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana langkah-langkah Pembelajaran Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pembelajaran Akidah Akhlaq Kelas 8. Apa saja faktor-faktor kendala Pembelajaran Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pembelajaran Akidah Akhlaq Kelas 8, Bagaimana hasil Pembelajaran Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pembelajaran Akidah Akhlaq Kelas 8 di MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep.
Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif adapun pendekatannya yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui kepala Madrasah, guru akidah akhlak serta salah satu siswa kelas 8 MTs Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, Adapun Teknik analisis datanya menggunakan konsendasi data,reduksi data, penyajian data, serta Penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan datanya menggunakan uji kredibilitas, perpanjangan keikut sertaan, ketekunan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) langkah-langkah pembelajaran online dalam meningktakan kreativitas siswa pada pembelajaran akidah akhlak yaitu bahwasanya langkah pertama menyiapkan perangkat pembelajaran berupa materi dan tugas berbentuk file PDF yang mengacu pada LKS yang akan di sebarkan ke group 2) faktor-faktor kendala dalam pembelajaran secara online dalam meningkatkan kreativitas siswa yaitu wifi sekolah kurang stabil dalam proses pembelajaran. Tidak adanya gratis kouta internet dari pemerintah bagi siswa 3) hasil pembelajaran online dalam meningkatkan kreativitas siswa yaitu melihat dari hasil nilai akhir semester yang meningkat dari hasil nilai semester sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain