Text
EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS DI MA MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Wila Datus Saniyah, 2021, Efektivitas Teknik Self-Management untuk
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS di MA Matsratul Huda
Panempan Pamekasan, Skripsi, Program studi Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
(IAIN), Dosen Pembimbing H. Abaddi Ishomuddin, S.Pd, M.A
Kata kunci: Teknik Self-Management. kedisiplinan
Disiplin merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh seseorang karena proses
latihan atau kebiasaan yang terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, ketertiban,
dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab diri. Siswa memiliki sikap
disiplin dengan tingkatan yang berbeda-beda. ada siswa yang memiliki
tingkat kedisiplin yang tinggi adapula yang rendah. Siswa dengan
kedisiplinan yang tinggi tidak harus diminta untuk bersikap disiplin,
berbeda dengan siswa yang memliki sikap disiplin yang rendah. Mereka
akan cenderung bersikap seenaknya dalam mematuhi tata tertib sekolah.
Sikap disiplin itu muncul karena adanya sebuah kesadaran dalam dirinya
bahwa betapa sangat pentingnya seseorang harus memilliki sikap disiplin
terutama dalam belajar.
Seperti halnya yang terjadi di kelas XI IPS di MA Matsratul Huda Panempan
Pamekasan yang memiliki perilaku disiplin yang rendah dalam memeatuhi tata
tertib. Dalam hal ini peneliti menggunakan teknik Self-Management untuk
menigkatkan kedisiplinan siswa kelas XI IPS dalam mematuhi tata tertib MA
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Preexperimentaldengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sample
dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dengan 31 peserta didik kelas XI
IPS di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang memiliki kategori
disiplin rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan wawancara.
Hasil perhitungan rata-rata skor perilaku disiplin sebelum diberikan
treatmen dengan teknik Self-managent adalah 72,67 dan setelah diberikan
treatmen meningkat menjadi 79,00 Sehingga peningkatannya sebesar
6,333. Dan diperoleh t hitung > t tabel (5,836 > 2,015) pada taraf
signifikan α = 0,05 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar ,002. Sehingga H0
ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh teknik Self-Management
untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Mastaratul Huda Panempan
Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain