Text
IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MEMPERKUAT HAFALAN 25 NABI BAGI SISWA KELAS II DI SDN PAGAGAN 2 PADEMAWU
ABSTRAK
Sitti Nurjamilah, 2021, Implementasi Metode Bernyanyi dalam Memperkuat
Hafalan 25 Nabi Bagi Siswa Kelas II di SDN Pagagan 2 Pademawu, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Dosen Pembimbing: Heni Listiana, M. Pd.I.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Hafalan 25 Nabi
Implemtasi metode bernyanyi merupakan penerapan metode bernyanyi
yang dilakukan untuk bisa memperkuat hafalan 25 nabi bagi siswa kelas II. Oleh
karena itu metode bernyanyi ini dilakukan agar dapatmemotivasi semangat belajar
siswa dalam menghafal 25 Nabi. Sehingga dengan penerapan metode bernyanyi
ini kemampuan menghafal atau mengingat nama-nama 25 nabi bisa dilakukan
siswa dengan mudah.Proses menghafal ini berkaitan erat dengan kemampuan
mengingat (remembering) yang melibatkan usaha menyimpan sesuatu yang telah
di alami untuk suatu saat di keluarkan kembali atas permintaandan memorinya
bisa dipanggil kembali.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan proses
pembelajaran menghafal nama-nama 25 nabi melalui metode bernyanyi pada
siswa di SDN Pagagan 2 Pademawu, kedua, Bagaimana pelaksanaan proses
penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar nama-nama 25
nabi di SDN Pagagan 2 Pademawu, ketiga, Bagaimana hasil penguatan hafalan 25
Nabi melalui metode bernyanyi kelas II di SDN Pagagan 2 Pademawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,Perencanaan yang dilakukan
oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Pagagan 2 yaitu Guru
mempelajari materi 25 Nabi. Guru membuat syair nama-nama 25 nabi. Guru
menyelaraskan not, syair dan urutan nama-nama agar mudah dihafal. kedua, guru
terlebih dahulu menjelaskan pengertian dari nabi dan rasul serta menyebutkan
nama-nama 25 nabi yang kemudian guru dan siswa menyanyi bersama namanama 25 nabi dan target siswa yang harus hafal adalah 50 %.ketiga, Hasil dari
penerapan metode bernyanyi ini terlihat jelas bahwa siswa bisa menghafalnya
dengan mudah. Serta metode bernyanyi ini memberikan dampak yang baik bagi
guru maupun siswa.Sebelum menggunakan metode bernyanyi 0% siswa yang
hafal tetapi setelah menggunakan metode bernyanyi sebanyak 71,4 % .
Tidak tersedia versi lain