Text
IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK STUDI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS II DI SDN TORJUN 1 SAMPANG
ABSTRAK
Nailis Saadah, 2021, Implementasi Metode Ummi untuk Studi Peningkatan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II di SDN Torjun 1 Sampang,
Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN MADURA Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Al-Qur’an adalah pegangan utama bagi umat Islam. Sebab membaca,
menghafalkan, memahami, mengingternalisasikan, serta mengaktualisasikan alQur’an menjadi sebuah keharusan ketika berhubungan dengan Allah SWT,
sesama manusia, dan alam semesta. Dalam penelitian ini menggunakan metode
ummi dalam membaca al-Qur’an. Karena sistem pembelajarannya yaitu materinya
terstruktur dengan baik, terdapat jilid 1-6 dan juga terdapat jilid tambahan (jilid
garib) serta ada tajwid yang berhubungan, tahap demi tahapnya terorganisir
dengan baik dan sistematis. Metode ummi mempunyai tiga motto, yaitu: mudah,
menyenangkan, dan menyentuh hati.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu : Pertama, bagaimana kondisi siswa sebelum
menggunakan metode ummi pada siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang,
Kedua, bagaimana hasil dari metode ummi yang telah diterapkan siswa kelas II di
SDN Torjun 1 Sampang, Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari
implementasi metode ummi untuk studi peningkatan kemampuan membaca alQur’an siswa kelas II di SDN Torjun 1 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kondisi siswa yaitu saat
pembelajaran al-Qur’an metode Ummi di kelas II alhamdulillah kondisinya baik,
peserta didik merespon, antusias untuk mengikuti pelajaran dan peserta didik
semangat saat pelajaran al-Qur’an, peserta didik sudah memiliki dasar untuk
membaca al-Qur’an atas dasar belajar di langgar masing-masing, tetapi
kemampuannya berbeda-beda kadang ada anak yang bagus di hurufnya tapi
kurang lancar, dan ada yang lancar tapi makhorijul hurufnya masih perlu
diperbaiki. Kedua, hasil penerapan metode Ummi dalam peningkatan kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas II yaitu hasil akhir dari proses belajar mengajar di
dalam kelas. Guru berperan aktif dalam pelaksanaan penerapan metode ummi
dalam kemampuan membaca al-Qur’an. pelaksanaan penerapan metode ummi
berjalan dengan baik dan ada kemajuan dalam kemampuan siswa di dalam kelas,
yaitu ada beberapa siswa sudah bisa membedakan bacaan panjang pendek,
membedakan huruf hijaiyah, dan bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan tartil.
Ketiga, faktor pendukung yaitu persiapan guru pengajar al-Qur’an, sarana dan
prasarana, dukungan orang tua. Faktor penghambat yaitu kemampuan siswa
berbeda-beda dan terbatasnya waktu yang tersedia.
Tidak tersedia versi lain