Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA KELAS IIIDI SDN PAGAGAN 2 PADEMAWU
ABSTRAK
Yulistiana Devi, 2021, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa
Kelas III di SDN Pagagan 2 Pademawu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
(IAIN), Dosen Pembimbing: Dr. Heni Listiana, M. Pd.I.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament
(TGT), Motivasi Belajar Bagi Siswa
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
(TGT) merupakan penerapan model pembelajaran yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan motivasi belajar. Pada SDN Pagagan, siswa memiliki tingkat
motivasi yang rendah, hal ini ditunjukkan dengan kurangnya siswa dalam
bertanya, menjawab dan lain-lain. Sehingga dengan penerapan model
pembelajaran ini bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan proses
pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) pada siswa di SDN Pagagan 2 Pademawu, kedua,
Bagaimana pelaksanaan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar pada
siswa di SDN Pagagan 2 Pademawu, ketiga, Bagaimana hasil penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam
meningkatkan motivasi belajar pada siswakelas III di SDN Pagagan 2 Pademawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,Perencanaan yang dilakukan
oleh Guru di SDN Pagagan 2 yaitu membuat RPP,Guru mempelajari materi yang
akan diajarkan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar mengajar dilakukan, juga
terkait dengan model pembelajaran yang akan digunakan harus dipelajari terlebih
dahulu agar ketika diterapkan hasilnya menjadi maksimal. Kedua, Pelaksanaan
proses dilakukan dengan menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa
kemudian membentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 siswa dan
kemudian menjelaskan bagaimana proses permainannya, kemudian memulai
permainannya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kemudian kelompok
dengan skor tertinggi mendapatkan hadiah. Ketiga, Hasil dari penerapan model
pembelajaran tipe ini 10 dari 12 siswa motivasi belajarnya meningkat.
Tidak tersedia versi lain