Text
THE IMPLEMENTATION OF SINGING ENGLISH SONG AS ICE BREAKING TO THE STUDENT'S SPEAKING ABILITY AT FIFTH GRADE OF MI NURUL JADID KARAY GANDING SUMENEP
ABSTRAK
Aniyatul Jannah, 2019, Implementasi Bernyanyi Bahasa Inggris Sebagai Icebreaking untuk Kecakapan Berbicara Bahasa Inggrid Kelas Lima MI Nurul Jadid Karay Ganding Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Tadris Bahasa Inggris (TBI), Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura), Pembimbing : Wahab Syakhirul Alim, M.Pd.
Kata Kunci :Impementasi Bernyanyi Bahasa Inggris Sebagai Ice Breaking, Kecakapan Berbahasa Inggris.
Belajar berbicara bahasa inggris sangat penting karena berbicara adalah kemambuan dasar dalam berkomunikasi khususnya Bahasa Inggris yang di Gunakan sebagai bahasa dunia. Dalam proses belajar mengajar guru seharusnya menerapkan cara terbaik untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Dalam hal ini peneliti menemukan, bahwa guru bahasa inggris di MI Nurul Jadid mengimplementasikan bernyanyi bahasa inggris sebagai ice breaking menjadikan murid lebih bersemangat dalam aktivitas belajar dan mengajar.
Dalam penelitian ini fokus pada dua permasalahan.Pertama, bagaimana guru mengimplementasikan bernyanyi bahasa inggris sebagai ice breaking untuk kecakapan berbica di kelas lima MI Nurul Jadid. Kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan dari implementasi bernyanyi bahasa inggris sebagai ice breaking untuk kecakapan berbica bahasa inggris pada kelas lima MI Nurul Jadid Karay Ganding Sumenep.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif.Sedangkan jenis penelitiannya, peneliti menggunakan data deskriptif. Karena hal tersebut ditekankan untuk menggambarkan bagaimana mengimplementasikan bernyanyi bahasa inggris sebagai icebreaking untuk kecakapan berbahasa inggris siswa kelas lima MI Nurul Jadid Karay Ganding Sumenep.
Hasil dari penelitian menemukan bahwa ada tiga langkah-langkah dalam mengimplementasikan bernyanyi bahasa inggris sebagai ice breaking untuk kecakapan berbicara siswa kelas lima MI Nurul Jadid. Langkah-langkah tersebut yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.Dalam implementasi ice breaking ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan.Salah satu kelebihan implementasi ice breaking ini, membantu guru dalam menciptakan suasana aktif dan semangat pada siswa.Sedangkan kekurangannya adalah perlu memakai waktu lebih lama dalam menerapkan ice breaking juga sulit untuk siswa yang introvert.
Berdasarkan hasil di atas, disarankan kepada guru bahasa inggris untuk memperhatikan betul waktu yang dipakai juga mengetahui kondisi siswa dalam kelas, maka guru dapat mengatasi kesulitan siswa. Guru bahasa inggris sebaiknya mempunyai aktivitas yang sesuai dengan dengan materi, kemampuan siswa dan time control yang baik.
ABSTRACT
Aniyatul Jannah, 2019, The Implementation of English Singing as Icebreaking for the 5th Grade English Language Proficiency Speaking Nurul Jadid Karay Ganding Sumenep. Thesis, Tarbiyah Department, English Tadris (TBI), Madura State Islamic Institute (IAIN Madura), Advisor: Wahab Syakhirul Alim, M.Pd.
Keywords: English Singing Implementation as Ice Breaking, English Language Proficiency.
Learning to speak English is very important because speaking is a basic appetite for communication, especially in English which is used as a world language. In the teaching and learning process the teacher should apply the best way to make the teaching and learning process more enjoyable. In this case the researchers found that the English teacher at MI Nurul Jadid implements singing English as ice breaking, making students more enthusiastic in learning and teaching activities.
In this study the focus is on two problems. First, how the teacher implements singing English as ice breaking for speaking skills in the fifth grade MI Nurul Jadid. Second, what are the advantages and disadvantages of implementing English singing as ice breaking for English speaking skills in the fifth grade MI Nurul Jadid Karay Ganding Sumenep.
In this study, researchers used qualitative methods. While the type of research, researchers used descriptive data. Because it is emphasized to describe how to implement English singing as icebreaking for English language proficiency of fifth grade students MI Nurul Jadid Karay Ganding Sumenep.
The results of the study found that there are three steps in implementing English singing as ice breaking for the speaking skills of fifth grade MI Nurul Jadid students. The steps are introduction, core activities, and closing. In this ice breaking implementation there are several advantages and disadvantages. One of the advantages of implementing ice breaking is, it helps teachers in creating an active atmosphere and enthusiasm for students. While the drawback is the need to spend more time applying ice breaking is also difficult for introverted students.
Based on the above results, it is recommended that the English teacher pay close attention to the time spent also knowing the condition of students in the class, so the teacher can overcome the difficulties of students. English teachers should have activities that are in accordance with the material, students' abilities and good time control.
Tidak tersedia versi lain