Text
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR SENI BACA AL-QUR'AN MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rizal Umami, 2021, Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dalam
Belajar Seni Baca Al-Qur’an di MAN 2 Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Dosen Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi, Motivasi, Seni Baca Al-Qur’an.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh tuntutan pendidikan yang dapat
melahirkan sumber daya manusia yang cerdas ilmu serta cerdas agama.
Pendidikan yang akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas
memerlukan strategi pembelajaran yang sesuai. Dalam proses pendidikan, siswa
membutuhkan sebuah motivasi belajar agar pembelajaran lebih bermakna. Dari
permasalahan tersebut guru harus dapat meningkatkan motivasi siswa dalam
belajar menggunakan strategi yang sesuai, khusunya dalam menempuh
pendidikan yang berkarakter keislamanan seperti pembelajaran tilawah. Dalam hal
ini peneliti membahas terkait Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa
Dalam Belajar Seni Baca Al-Qur’an Di MAN 2 Pamekasan. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi guru untuk meningkatkan motivasi
siswa dalam belajar seni baca Al-Qur’an di MAN 2 Pamekasan. (2) mengetahui
faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi guru dalam
meningkatkan motivasi siswa dalam belajar seni baca Al-Qur’an di MAN 2
Pamekasan
Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan
pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi
partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk
analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu
berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang
keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjuukan bahwa terdapat 4 strategi guru memotivasi
siswa dalam belajar seni baca Al-Qur’an yaitu (1) Memberi contoh teladan tokoh
yang sukses di bidang seni baca Al-Qur’an. (2) Menjelaskan tujuan dan
keuntungan belajar seni baca Al-Qur’an. (3) Memberi apresiasi berupa
penghargaan atau pujian kepada siswa. (4) Memberi arahan bagi siswa yang
mengalami kesulitan dalam belajar seni baca Al-Qur’an. Sementara itu, terdapat 4
faktor pendukung dalam memotivasi siswa untuk belajar seni baca al-Qur’an
yakni (1) Minat/kemauan diri siswa untuk belajar seni baca Al-Qur’an. (2)
Dukungan keluarga/orang tua. (3) Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung
berlangsungnya kegiatan seni baca Al-Qur’an dengan nyaman dan kondusif. (4)
Pengaruh teman yang baik dalam belajar seni baca Al-Qur’an. Sedangkan faktor
penghambat dalam memotivasi siswa untuk belajar seni baca al-Qur’an yakni (1)
Kurangnya rasa percaya diri siswa. (2) Kurangnya keterbukaan diri siswa terhadap
permasalahan yang dihadapi selama belajar seni baca Al-Qur’an. (3) Pengaruh
teman yang kurang baik. (4) kurangnya tenaga guru yang ahli di bidang seni baca
Al-Qur’an.
Tidak tersedia versi lain