Text
STRATEGI PEMASARAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN (STUDI PADA USAHA BERAS DI KERTAGENA LAOK KADUR PAMEKASAN)
ABSTRAK
Slamet Ansory, 2020, Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan
Daya Tarik Konsumen (Studi pada Usaha Beras di Kertagena Laok Kadur
Pamekasan), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Lukmanul Hakim, M.E.I.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islami, Daya Tarik, Konsumen
Saat ini persaingan bisnis haruslah profesional dan konsisten dalam
memenuhi kebutuhan konsumennya, disamping harus berlomba-lomba
dengan para pesaing dalam mempertahankan citra terhadap konsumen,
produsen harus mempunyai strategi dalam memasarkan produknya. Strategi
pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha,
oleh karena itu bidang pemasaran berperan besar dalam merealisasikan
rencana usaha, salah satunya usaha beras di desa Kertegena Laok. Usaha
beras yang berada di Desa Kertagena Laok merupakan usaha beras petani
asli Indonesia, namun dalam pemasarannya usaha tersebut masih terbilang
sederhana. Usaha beras tersebut sudah berumur 15 tahun. Namun, dalam
kenyataannya usaha beras yang ada di Desa Kertegena Laok dalam dua
tahun terahir penjualannya menurun, biasanya 30 ton dalam setiap bulan,
menjadi 15 ton
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua pokok persoalan,
sehingga menghasilkan fokus penelitian. Pertama, Bagaimana strategi dan
implementasi pemasaran Islami dalam meningkatkan daya tarik konsumen
pada usaha beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan; Kedua, Faktor apa
saja yang menyebabkan daya tarik konsumen tentang startegi pemasaran
Islami pada usaha beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
mengambil lokasi penelitian di desa Kertagena Laok, sehingga penggalian
data dalam penelitiaan ini menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu memahami
fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya
perilaku, persepsi, motivasi yang bertujuan untuk menganalisa dalam setiap
aspek untuk mendalami fokus penelitian.
Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, Strategi pemasaran Islam
dalam meningkatkan daya tarik konsumen yang dilakukan usaha beras
di Kertagena Laok Kadur Pamekasan yaitu: strategi produk yang berupa
produk pangan dari sumber alam asli Indonesia (petani), strategi harga yang
cukup terjangkau, strategi promosi yang dilakukan sasat ini masih
menggunakan cara yang sederhana yaitu sistem dari mulut ke mulut;
Kedua, Faktor daya tarik konsumen tentang strategi pemasaran dengan
faktor selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk, dari segi
harga menetapakan harga yang terjangkau, kemudian dari tempat yaitu
memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh parakonsumen, dan dari segi promosi selalu menekankan pada etika dalam
bisnis, tidak melakukan curang, tidak pernah memaksa konsumen untuk
membeli produknya, dan tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam
memasarkan produknya.
Tidak tersedia versi lain