Text
MANAJEMEN PERUBAHAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SAMPNG
ABSTRAK
ABDUR RAHMAN, 2021, Manajemen Perubahan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Pembimbing: Hilmi Qosim Mubah, M. Pd.I.
Kata kunci: Manajemen, Perubahan, Pembelajaran, Covid-19
Pembelajaran pada masa covid-19 dilakukan berdasarkan kebijakan dari pemerintah dengan memperhatikan tingkat penyebaran virus dan zona dimasing-masing wilayah pendidikan. Sehingga secara tidak langsung lembaga pendidikan dalam hal ini MAN Sampang melakukan perubahan. Dalam melakukan perubahan hendaknya dilakukan dengan proses manajemen yang baik, agar perubahan pembelajaran yang dilakukan secara daring dan blanded learning berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang akan menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan perubahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Sampang. Kedua, bagaimana pelaksanaan perubahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Sampang. Ketiga bagaimana evaluasi perubahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Sampang.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala Madrasah Aliyah Negeri Sampang, waka, guru, siswa dan siswi dan orang tua yang nantinya akan dianalisis menggunakan kondensasi data, memaparkan data dan mengajukan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan perubahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Sampang dilakukan dengan merumuskan dan menetapkan kebijakan, menentukan model dan jenis perubahan pembelajaran yang akan digunakan. menyediakan sarpras, menentukan kurikulum dan RPP, serta merumuskan langkah kegiatan perubahan pembelajaran yang akan dilakukan secara daring dan blended learning. Kedua, pada pelaksanaannya dilakukan dengan mengumumkan dan mensosialisasikan kebijakan, menjalankan model dan tahapan dalam jenis perubahan pembelajaran, menyiapkan dan memberikan sarpras, menjalankan kurikulum dan menyusun RPP serta menjalankan langkah kegiatan perubahan pembelajaran yang dilakukan secara daring dan blended learning. Ketiga, evaluasi perubahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Sampang dilakukan dengan melakukan pengontrolan kegiatan, mengukur keberhasilan kegiatan perubahan pembelajaran, mengetahui efektivitas kegiatan perubahan pembelajaran, mengetahui dampak positif dan negative, serta meninjau kendala perubahan pembelajaran yang dilakukan secara daring dan blended learning.
Tidak tersedia versi lain