Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI MTS AT-THOHIRIYAH PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Fannani Arifullah, 2020, Skripsi berjudul Implementasi Manajemen
PembiayaanDalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik Di Mts At-Thohiriyah
Pragaan Sumenepyang disusun, Skripsi Program Studi MPI, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing Dr. Siswanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pengelolaan, Pembiayaaan, kompetensi tenaga pendidik.
Pendidikan merupakan jasa pendidikan yang dijalankan dengan sumber
daya manusia yang utama yaitu guru dan sumber daya lainnya yang juga sangat
penting meliputi program dan sarana pendidikan. Untuk memenuhi sumber daya
tersebut diperlukanlah biaya agar pendidikan dapat terselenggara dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus
dalam penelitan ini, yaitu:Pertama, apa sajasumber pembiayaan madrasah di MTs
At-Thohiriyah Pragaan Sumenep, Kedua bagaimana pengelolaan pembiayaan
madrasah dalam meningkatkan kompetensi pendidikdi MTs At-Thohiriyah
Pragaan Sumenep, Apasaja penghambat dan pendukung pengelolaan pembiayaan
madrasah dalam meningkatkan kompetensi pendidik di MTs At-Thohiriyah
Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studikasus.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Sekolah, benadahar sekolah dan Guru,. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran
dan peningkatan ketekunan atau kegigihan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, MTs AtTohiriah memiliki
sumber pembiayaan, diantaranya berasal dari BOS (Biaya Operasional Sekolah),
berasal dari swadaya masyarakat, berasal dari yayasan At-Tohiriyah, bersumber
dari ikatan Alumni yayasan At-tohiriyah. Kedua, Pengelolaan pembiayaan
Madrasah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik diawali dengan
merancang penganggaran dana pegalokasiaanya. Dalam hal ini dana sekolah
dianggarkan atau dialokasikan terhadap beberapa hal, dengan rincian 7046 untuk
sarana dan prasarana, sedangkan 30Yo untuk kesejahteraan dan peningkatan
kompetensi tenaga pendidik. Ketiga Faktor penghambat pengelolaan pembiayaan
Madrasah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik diantaranya yaitu
sumber pendapatan dana yang terbatas, lambatnya turunnya dana bos, dan
minimnya dana yang di milik madrasah. Sedangakan faktor pendukungnya yaitu
adanya kerjasama dengan koperasi, kerjasama dengan yayasan,dan bersinergi
dengan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain