Text
IMPLEMENTASI MOTEDE DRILL PADA PELAJARAN PAI UNTUKMENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMPN 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Muslihin, 2021, Implementasi Metode Drill pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan
Perilaku Islami Siswa di SMPN 4 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr.H.Nor
Hasan,M.Ag
Kata Kunci: Metode Drill, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 4 Pamekasan terdapat seorang guru menerapkan metode drill dalam proses
pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan perilaku islami siswa agar
nantinya siswa mampu mengamalkan ajaran-ajaran pendidikan agama islam yang telah
didapat ketika kegiatan proses pembelajaran berlangsung.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam mengimplementasikan metode drill pada
pelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 4 Pamekasan Kedua, Apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode drill pada pelajaran PAI
untuk meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 4 Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan Reduksi Data, Pemaparan Data dan Penarikan Kesimpulan. Data yang
diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Langkah-langkah dari implementasi
metode drill pada pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami
siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan yaitu: a). Memilih materi pelajaran yang ringan seperti
mempraktekkan gerakan sholat, menghafal surat-surat pendek, membaca basmallah sebelum
memulai sesuatu dll. b). Memilih materi latihan yang memang mempunyai arti luas yang
dapat menanamkan pengertian akan makna dan tujuan dari amteri tersebut agar nantinya
mampu menyadarkan siswa akan kegunaan bagi kehidupannya sehari-harinya. c).
Pentingnya melakukan latihan materi secara tepat dan cepat sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan oleh sekolah. d). Mempertimbangkan waktu yang telah digunakan dalam
menggunakan metode ini sehingga tidak menyebabkan siswa merasa bosan ketika proses
pembelajaran berlangsung. e). Memperhatikan perbedaan individual antara siswa dengan
siswa lainnya sehingga kemampuan dan kebutuhan siswa masing-masing tersalurkan atau
dikembangkan maka dalam pelaksanaan latihan perlu diawasi dan memperhatikannya.
Kedua, Faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode drill pada pelajaran
pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Negeri 4
Pamekasan yaitu faktor penghambatnya kurangnya motivasi sehingga menyebabkan siswa
bermalas-malasan dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama islam sehingga
menyebabkan siswa sulit untuk diatur oleh guru pendidikan agama islam seperti ada siswa
yang bergurau denga teman sebangkunya. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu lengkapnya
sarana dan prasarana seperti meja, kursi, alat tulis, proyektor dan refrensi-refrensi yang ada di
perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain