Text
IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING PADA TABUNGAN TARBIYAH DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh Dasuki: Implementasi strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT
Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan”.Skripsi, Program Studi Perbankan
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Putri Alfia Halida,
Lc, M.Th.I
Kata Kunci: Strategi marketing, tabungan tarbiyah, BMT.
BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan menerapkan berbagai macam produk
penghimpun dana yang salah satunya adalah produk tabungan tarbiyah. Dengan adanya produk
tabungan tarbiyah tersebut, maka diperlukan sebuah cara agar bisa lebih berproduktif guna
pendidikan masyarakat, salah satunya dengan cara strategi marketing. Akan tetapi dengan tingkat
persaingan yang ketat antar koperasi, hal ini membutuhkan upaya atau langkah yang berbeda
dalam memikat hati masyarakat.
Oleh karena itu, ada tiga hal yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini,
yaitu:Pertama,apa saja strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri
capem Pegantenan Pamekasan. Kedua, Bagaimana efektivitas strategi marketing di BMT UGT
Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Ketiga, Apa saja analisis SWOT pada produk tabungan
tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif, Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan
pihak BMT UGT Sidogiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Strategi marketingyang dilakukan adalah
dengan menggunakan elemen segmenting, targeting dan positioning.Segmenting dilakukan
dengan cara memilah-milah pasar terlebih dahulu, targeting dengan cara tidak hanya
memfokuskan pada satu pasar saja tapi untuk beberapa wilayah yang bisa dijangkau, dan
positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah yang berdasarkan hukum-hukum
Islam.Kedua, Efektivitasdari strategi marketing segmenting, targeting dan positioning sangat baik,
dengan bersosialisasi langsung, serta antar jemput bagi yang menabung, sehingga dapat
mempertahankan eksistensi efektifitas jumlah tabungan anggota.
Tidak tersedia versi lain