Text
UPAYA PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PENGGUNA PRODUK TABUNGAN QURBAN DI KSPPS DARUL HIKMAH MITRA SEJAHTERA PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Rukmana, 2020, Upaya Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Anggota
PenggunaTabungan Qurban di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pebankan Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nashar. M.M.,
M.Si
Kata Kunci: Pemasaran, Tabungan Qurban
Selain lembaga keuangan syariah, koperasi saat ini mempunyai peran yang
sangat penting dalam kalangan masyarakat awam. Seperti KSPPS Darul Hikmah
Mitra Sejahtera Pamekasan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat. KSPPS
Darul Hikmah Mitra Sejahtera Pamekasan memiki tujuan dalam pemasarannya
yaitu salah satunya dalam melakukan manejemen pemasaran yang menggunakan
segmentasi pasar, target pasar serta posisi pasar.
Produk tabungan Qurban merupakan salah satu produk yang cukup
diminati oleh masyarakat,karena dengan adanya produk tabungan qurban sangat
membantu masyarakat untuk menabung. Tentunya sangat besar juga keinginan
masyarakat dalam melakukan tabungan qurban.Tujuan adanya tabungan qurban
adalah untuk mempermudah dan meningkatkan masyarakat atau anggota untuk
menabung di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala cabang, karyawan, dan nasabah. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan,triangulasi, dan analisis data.
Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa : Manajemen pemasaran dalam
meningkatkan jumlah anggota pengguna produk tabungan qurbandi KSPPS Darul
Hikmah Mitra Sejahtera Pamekasan pihak lembaga melakukan a). pengamatan
pasar yang melalui segmentasi pasar, target pasar serta posisi pasar
b).Perencanaan yang dilakukan KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera sudah
meningkatkan jumlah pengguna produk tabungan qurban. kendala terkait
manajemen pemasaran a). Kurangnyakesadaran masyarakat dalam bahaya riba
b).Begitubanyaknya pesaing antara BMT, dan masih terbatasnya media cetak dan
elektronik yang tersedia.
Tidak tersedia versi lain