Text
PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT NU CABANG KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Erni Damayani, 2020, Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap
Kepuasan Nasabah di BMT NU Cabang Kadur Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: Moch.Cholid Wardi, M.H.I.
Kata Kunci : Pelayanan Customer service, Kepuasan Nasabah.
KSPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan termasuk lembaga keuangan
non bank yang tengah berkembang, tentunya memiliki banyak pesaing dari
berbagai lembaga lainnya sehingga, dalam pesaingan tersebut memerlukan
pelayanan customer service yang menjadi peran yang sangat penting bagi BMT
dalam membangun kepuasan nasabah, customer service ibarat wajah terdepan
sebuah BMT. Artinya apa yang diharapkan oleh nasabah, Harapan inilah yang
akan menentukan tingkat kepuasan nasabah, maka ada dua permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama: adakah pengaruh
pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah di BMT NU Cabang
Kadur Pamekasan. Kedua : seberapa besar pengaruh pelayanan customer service
terhadap kepuasan nasabah di BMT NU Cabang Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis
data yang menggunakan regresi linear sederhana, dan bantuan alat analisis SPSS,
jenis data yakni data primer. Populasi dalam dalam penelitian ini yakni seluruh
nasabah di BMT NU Cabang Kadur. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling, pengambilan sampel
ditentukan dengan rumus slovin dengan jumlah responden 98 kuesioner (angket),
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: pertama, hasil penelitian menujukkan
adanya pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah.
Berdasarkan atas uji t , Hasil uji tersebut menujukkan bahwa Thitung sebesar
9,799 > T tabel 1.66088 dengan signifikasi 0,000 < 0,1 yang berarti bahwa variabel
pelayanan customer service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah. Kedua , hasil penelitian menujukkan besar R square adalah 0,500 atau
50,0% hal ini berarti sebesar 50,0% kemampuan model regresi pada penelitian ini
dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 50,0% variabel customer service
dijelaskan oleh variasi independen kepuasan nasabah.
Tidak tersedia versi lain