Text
PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH TSAMRATUL ULUM PADELLEGAN DAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH MUBALLIGHIN 1 TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Qurratul Aini, 2020, Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa Pembinaan Kecerdasan
Spiritual Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum
Padellegan dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Muballighin I Tanjung
Pademawu Pamekasan, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing I, Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag, dan
Pembimbing II, Dr. Buna’i, S.Ag. M.Pd.
Katakunci : Kecerdasan Spiritual, Madrasah Diniyah
Kecerdasan Spiritual merupakan hadiah Allah yang muncul dari anugerah jiwa,
dan kecerdasan spiritual merupakan pusat dan paling mendasar di antara kecerdasan yang
lain seperti kecerdasan intelektual dan emosional. Maka, dalam mensinergikan ketiga
kecerdasan, intelektual, emosional dan spiritual ini, maka diperlukan sebuah pembinaan
spiritual secara khusus agar potensi dan kecerdasan yang ada pada diri anak mampu
bersinergi dalam membentuk perilaku yang positif dan komperhensif. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah; 1). Bagaimana pembinaan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan Muballighin I Tanjung,
2). Bagaimana hasil pembinaan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan Muballighin I Tanjung, 3). Apa
faktor pendukung dan penghambat pembinaan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan Muballighin I Tanjung.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologi, yang bertujuan untuk memaparkan fenomena yang terjadi di lapangan
dengan menceritakan kembali melalui data yang peneliti peroleh terutama hasil pembinaan
kecerdasan spiritual siswa. Adapun lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awwaliyah Muballighin I Tanjung. pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi
non-partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait.
Analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, kemudian deskripsi data, dan
terakhir kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan kecerdasan spiritual
siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan
Muballighin I Tanjung sama-sama dilakukan di dalam kelas saat proses berjalannya KBM
dan di luar kelas dengan kegiatan yang telah terprogram sebelumnya. Hasil pembinaan
pembinaan kecerdasan spiritual siswa di kedua madrasah ini sama-sama terlihat nampak
pada perubahan pola pikir, sikap, perilaku (akhlaq) dan tutur bahasa baik di lingkungan
madrasah, lingkungan keluarga dan masyarakat. Faktor pendukung keberhasilan
pembinaan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah
Tsamratul Ulum Padellegan adalah adanya peran guru, adanya sarana masjid sebagai pusat
kegiatan pembinan spiritual siswa dan dukungan kuat para wali siswa serta masyarakat.
Sedangkan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Muballighin I Tanjung didukung
oleh ketauladanan guru dalam pembinaan spiritual siswa, kata-kata mutiara yang
terpampang di dalam dan luar kelas serta dukungan mayoritas para wali siswa. adapun
faktor penghambat pembinaan kecerdasan spiritual di Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan adalah faktor orang tua yang sibuk dengan
pekerjaannya atau merantau ke luar daerah bahkan luar negeri. Sedangkan faktor
penghambat pembinaan kecerdasan spiritual di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah
Muballighin I Tanjung adalah faktor kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan
bermain siswa.
ii
ABSTRACT
Qurratul Aini, 2020, The Fostering of Spiritual Intelligence of Students at Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan and Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Muballighin I Tanjung Pademawu Pamekasan,
Thesis, Magister Program Of Islamic Religious Education Pascasarjana IAIN
Madura, The first Mentor is Dr. H. Zainuddin Syarif, M. Ag, and The Second
Mentor is Dr. Buna’i S.Ag, M.Pd.
Keywords : Spiritual Intelligence, Madrasah Diniyah
Spiritual intelligence is a gift of God that arises from the gift of soul and spiritual
intelligence is the center and the most basis of of the other intelligence like intellectual and
emotional intelligence. Then in synergizing these three intellegences, intellectually,
emotionally, anda spiritually, we need a special spiritual guidance so that the potential and
intelligence that exists in children are able to synegize in forming positive and
comprehensive behavior.
The problems in this research are 1) How to foster student’s spiritual intelligence
at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan and Muballighin
I Tanjung Pademawu Pamekasan, 2) How the results of the fostering of student’s spiritual
intelligence at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan and
Muballighin I Tanjung Pamekasan, 3) What are the supporting and inhibiting factors in
fostering of students’ spiritual intelligence at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah
Tsamratul Ulum Padellegan and Muballighin I Tanjung Pademawu Pamekasan.
This research was conducted using a qualitative approach to the type of
phenomenology that aims to explain the phenomena that occur in the field by retelling
through the data that researchers obtained, especially the results of students’ spiritual
intelligence fostering. As for the location of research conducted in Madrasah Diniyah
Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan Muballighin I Tanjung
Pademawu Pamekasan. Data collection is done by non-participant observation methods,
structured interviews and documentation of a number of related sources. Data analysis by
data collection, data reduction, data description and conclution.
As for the results of this study showed that the fostering of students’ spiritual
intelligence at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan dan
Muballighin I Tanjung is equally done in the classroom when the prosess of teaching and
learning activities is running. And aslso outside the classroom whit pre-programmed
activities. The results of the fostering of spiritual intelligence of students in both madrasah
are equally visible in changes in mindset, attitudes, behavior, and language speech. The
supporting factors for the success of fostering spiritual intelligence of students in Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum Padellegan are the role of the teachers,
the existence if mousque facilities as a center for students’spiritual development activities
and strong support from parents of students and the community. While the Supporting
factors in the Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Muballighin I Tanjung supported
by the teacher’s example, the aphorisms displayed inside and outside the classroom and the
support of the student’s parents. As for the inhibiting factors of the fostering spiritual
intelligence of students in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Tsamratul Ulum
Padellegan are the factors of parents who are busy with their work or wander outside the
region and even abroad. While the inhibiting factors in Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awwaliyah Muballighin I Tanjung are a factor of lack of parent’s attention and student
playing environment.
iii
ثحبلاصخلم
ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل ف ذيملتلل يحورلل ءاكذلل بيذت ˛۲۰٢٠ ˛ينلل ة رق
لوامدب جنوجنت لولل ينللم ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردللو نانلدب مولنلل
ةنمالب ايلنلل تاال ردلل ةيلك ةيملاسل ةيبتلل مسق ف يتسسالل ةلاار ˛ ناااكمب
و .يتسسالل ˛فراشلل نيدلل ني ز جالل .روتكدلل :فرشلل ˛ ناااكمب ةيموكلل ةيملاسل
.يتسسالل ˛يعنوب .روتكدلل
. ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل ˛ يحورلل ءاكذلل : ةيسيئ رلل تاملكلل
اياااأ ل رمأ نوكتو يحورلل ءاكذللو حورلل ةله نم قثلنت تلل ا نم ةيده يحورلل ءاكذلل
، ةثلثلل ءاكذلل كلت نيوكتلو .يفطانلل ءاكذللو يركفلل ءاكذلل لثم ىرخلل ءاكذلل يب ياك رمو
ةيبتللو بي ردتللو بيذأتلل ىلع جاتت ةدحلو ةوق ف يفطانلل ءاكذللو يركفلل ءاكذلل ، يحورلل ءاكذلل
بااسل كولسلل نيوكت ف دحوتت ذيملتلل سفن ف ءاكذللو تئافكللو ة ردقلل هيسوتل ةصالل
.لماشللو
ذيملتلل يحورلل ءاكذلل بيذت فيك )١ : يهو رومأ ةثلث ىلع ثحللل لذه ةثحاللل فدت
ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردللو نانلدب مولنلل ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل ف
ذيملتلل يحورلل ءاكذلل بيذت ةجيتن فيك )٢ ناااكمب لوامدب جنوجنت لولل ينللم ةيملاسل
ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردللو نانلدب مولنلل ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل ف
بيذت ف ةطلثللو ةمعلدلل لملونلل يه امو )٣ ناااكمب لوامدب جنوجنت لولل ينللم ةيملاسل
ةاردللو نانلدب مولنلل ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل ف ذيملتلل يحورلل ءاكذلل
ناااكمب لوامدب جنوجنت لولل ينللم ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل
ةثحاللل تمدختالو .ةيسولونيمونيفلل لخدلب ةيعونلل ثوحللل علونأ نم يملنلل ثحللل لذه
نم اب تنايللل عجو قيثوتللو ةظحلللو ةلباقلل يهو ةقيدصلل تنايللل لينل ثحللل تلودأ ضنب
تاق روللو قئثولل نني ةيوناثلل رداصللو ذيملتللو ذيتاالل ةاردلل سيئ ر نني ةيااالل رداصلل
iv
ف ةينلديلل تنايللب باانت بيلااب ةثحاللل تماق تنايللل ليلت فو .اهيرو روصللو تافلؤللو
. طالنتتالل للق اهتجرتو ةيواستلل تنايللل عج ث ثحللل
ف ذيملتلل يحورلل ءاكذلل بيذت نأ )أ : يلت امك لدت يهو ثحللل لذلل نم جئاتنلل و
لوامدب جنوجنت لولل ينللمو نانلدب مولنلل ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل
ةطشنللب ةاردلوأ لصفلل ج راخو سي ردتللو ميلنتلل ةيسم دنع لصفلل لخلد نوكي ناااكمب
بلدآو كولسللو يكفتلل يينت ىلع رهظت يتاردلل يته ف بيذأتلل نم لصالل نأو )ب ، ةمجلل
ذيملتلل يحورلل ءاكذلل بيذأتل ةمعلدلل لملونلل امأ )ج، عمتللو تيلللو ةاردلل ف ذيملتلل ملكلل
دجسللو سردلل رود دوسو يه نانلدب مولنلل ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل ةينيدلل ةاردلل ف
ذيملتلل تاهمأو ءبال نم عفلودلل اضيأو ذيملتلل يملاسل يحورلل ءاكذلل بيذت ةطشنلل اك رمك
سردلل نم لاثلل كولسلل عم عفلدت جنوجنت لولل ينللم ةاردلل ف ةمعلدلل لملونلل امأ . عمتللو
دوسو رخللو ةاردلل رودلل ف ةقلنتلل ةمكلل نم تاملكوأ تلاقلل دوسوو اهسراخو ةاردلل ف
ةينيدلل ةاردلل ف ذيملتلل يحورلل ءاكذلل بيذأتل ةقئانللو لملونلل امأ .ذيملتلل نيدللو نم عفلودلل
ملامعب نولونشم ذيملتلل نيدللولل ضنب يه نانلدب مولنلل ة رث ةيملاسل ةيلولل ةيليمكتلل
لولل ينللم ةاردلل ف ةقئانللو لملونللو . دلللل ج راخ لب ةنيدلل ج راخ لى لولهذ مهضنبو
. ينلل عم بنلل ةئيلللو نيدللولل نم مامتهسل ذيملتللصقنت يه جنوجنت
Tidak tersedia versi lain