Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN HAJI DAN UMROH BERBASIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT NU CABANG TLANAKAN
ABSTRAK
Siti Nurul Jannah, 2021,Analisis Strategi Pemasaran Produk Simpanan Haji dan
Umrah Berbasis Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT NU
Cabang Tlanakan , Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi
bisnis islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. H. Zainal
Abidin, MEI.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Simpanan Haji dan Umrah
Strategi pemasaran dilakukan dalam rangka meningkatkan nasabah pada
produk Tabungan Simpanan haji dan umrah BMT NU Jawa Timur Cabang
Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Semakin meningkatnya menarik minat ataupun
keputusan pembelian masyarakat menggunakan produk BMT tentunya
meningkatkan profit/keuntungan di BMT tersebut.
Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian yaitu, pertama,
Bagaimana startegi pemasaran produk simpanan haji dan umrah berbasis syariah
dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT NU Cabang Tlanakan. Kedua,
Bagaimana implementasi strategi pemasaran produk simpanan Haji dan Umrah
berbasis syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT NU Cabang
Tlanakan. ketiga, Apa saja kendala-kendala strategi pemasaran produk simpanan
haji dan umrah berbasis syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT
NU Cabang Tlanakan. Keempat, Bagaimana solusi dari kendala strategi
pemasaran produk simpanan Haji dan Umrah berbasis syariah dalam
meningkatkan jumlah nasabah di BMT NU Cabang Tlanakan
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data
melalui wawancara dan dokumentasi, sedangkan yang menjadi sumber data yaitu
Kepala cabang BMT NU Cabang Tlanakan, karyawan bagian tabungan, anggota
simpanan Haji dan Umrah.
Hasil penlitian menunjukkan bahwa. pertama, Strategi pemasaran yang
digunakan dalam memasarkan produk simpanan Haji dan Umrah di BMT NU
Cabang Tlanakan yaitu, memasarkan kerumah rumah, membagikan brosur,
menggunakan media online dalam memasarkan produk, selain itu BMT NU
Cabang Tlanakan juga menggunakan prinsip etika pemasaran dalam memasrkan
produk. Kedua, Implementasi atau penerapan Strategi pemasaran Produk
Simpanan Haji dan Umrah di BMT NU Cabang Tlanakan dilakukan dengan cara
mendangi langsung ke rumah warga dan menjelaskan dengan menggunakan
bahasa yang mudah di menegerti dan biasanya menggunakan bahasa daerah
sehingga masyarakat dapat lebih mudah paham mengenai produk simpanan haji
dan umrah, dan juga dengan membagikan brosur kepada warga dan ditempat
umum lainnya. Juga dengan menggunakan media internet berupa sosmed seperti
wa, ig, fb, dll dan memposting tentang simpanan haji dan umrah. Ketiga,
kendala-kendala dalam strategi pemasaran produk simpanan haji dan umrah yaitu,
adanya competitor lain yang juga memasarkan produk simpanan haji dan umrah,
minimnya pemahaman masyarakat, wilayah pemasaran yang sulit dijangkau.
Keempat, Solusi dalam mengatasi kendala strategi pemasaran produk simpanan
Haji dan umrah yaitu, memiliki SDM yang cakap dan berkualitas, Religius,
berlebel Syariah, adanya informan, memperluas wilayah pemasaran.
Tidak tersedia versi lain