Text
ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN USAHA AISYAH BATIK ECOPRINT MUALLAF BINAAN MCI PAMEKASAN
1
ABSTRAK
Robi Amirullah, 2021, Analisis Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Usaha
Aisyah Batik Ecoprint Muallaf Binaan MCI Pamekasan, Skripsi, Institut Agama
Islam Negeri Madura, Fakultas Eknomi Dan Bisnis Islam, Program Studi
Ekonomi Syariah, Pembimbing: Ah. Shibghatullah Mujaddidi, M.EI
Kata Kunci: Modal Sosial, Pemberdayaan.
Modal sosial merupakan sumber daya manusia dalam memiliki jaringan
sosial. Istilah modal sosial menunjuk pada kapasitas dari individu untuk
mendapatkan suatu yang bernilai serta simbol dari hubungan-hubungan sosial
kepada keanggotaan kelompok. Bentuk modal sosial muncul dari hubunganhubungan secara individu, keluarga, kelompok, dan komunitas yang merupakan
akses yang memperoleh keuntungan bernilai dari sumberdaya
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus
dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana modal sosial pada usaha Aisyah
batik ecoprint Binaan MCI Pamekasan; Kedua, Bagaimana penerapan modal
sosial dalam pemberdayaan usaha Aisyah Batik Ekoprint.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau analisis dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan tiga prosedur
pengumpulan data yaitu: wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi
informannya adalah direktur, Sukarelawan dan konsumen, untuk menganalisis
data, peneliti menggunakan beberapa langkah yaitu, reduksi data yang meliputi
pengecekan data dan pengelompokan data, penyajian data, kemudian penarikan
kesimpulan atau verifikasi data, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan kecukupan
refrensial.
Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan modal
sosial pada usaha Aisyah Batik Ecoprint menerapkan ke tiga poin yang ada dalam
konsep modal sosial yaitu: Jaringan, Trus/Kepercayaan, Norma/Nilai. Yang mana
jaringan disini bak Aisyah menggunakan relasi yang ada seperti teman, saudara,
tetangga, dan juga menggunakan alat bantu seperti sosial media. Trus yang di
berikan kepada sukarelawan berupa kepercayaan dalam proses pembuatan motiv
ecoprint sendiri dan kepercayaan yang di berikan kepada pembeli berupa
pelayanan yang ramah, pengiriman sesuai yang dipesan dan tepat waktu dalam
pengiriman barang. Norma/Nilai disini dirasakan oleh para sukarelawan dari
kedermawanan bak Aisyah yang sangat baik di berikan terhadapnya dan dirasakan
juga bagi pembeli dari segi kualitas barang yang di belinya.
Tidak tersedia versi lain