Text
PENERAPAN STRATEGI MARKETING PADA TABUNGAN WADIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BPRS SPM (SARANA PRIMA MANDIRI) PAMEKASAN
ABSTRAK
Hisyam Al Qodri , 2020. Penerapan Strategi Marketing pada Tabungan Wadiah
dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis dan
Islam, IAIN Madura Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asyari MA.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Tabungan Wadiah
Strategi Marketing merupakan suatu proses taktik segala kegiatan
(program perencanaan) secara efektif dan efisien,guna memperoleh tingkat
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dalam rangka mencapai
tujuan organisasi. Kegiatan pemasaran pada sebuah perusahaan harus dikelola
sebaik-baiknya dan manejer pemasaran harus memainkan peranan penting dalam
perencanaanya. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan
strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS sarana Prima
Mandiri Pamekasan.
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi.Informannya adalah Kepala bagian marketing di PT BPRS Sarana
Prima Mandiri Pamekasan, AO Funding di PT BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan, dan dengan beberapa nasabah yng menabung dengan tabungan
Wadiah di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi marketing yang dilakukan
BPRS Sarana Prima Mandiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di lakukan a).
pengenalan segmemtasi pasar, taget pasar, posisi pasar, b). Hasil strategi
marketing di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasanc). produk tabungan wadiah
merupakan produk unggulan di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Dampak
penerapan strategi marketing a).BPRS sarana Prima Mandiri Pamekasan
melakukan door to door sebelum promosi agar membentuk pemahaman nasabah
terhadap produk tabungan wadiah. b). adanya rasa keprcayaan penuh nasabah
kepada pihak BPRS Sarana Mandiri Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain