Text
ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARI'AH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PAADA TOKO ZOYA PAMEKASAN
v
ABSTRAK
Susyanti, 2021, Analisis Strategi Marketing Syariah Dalam Menghadapi
Persaingan Bisnis Pada Toko Zoya Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Madura, Dosen Pembimbing: Fena Ulfa Aulia, S.E,M.Ak
Kata Kunci: Strategi, Marketing Syariah, Persaingan Bisnis
Pemasaran Islami adalah sebuah disiplin strategis yang mengarahkan
proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values (nilai) dari satu inisiator
kepada skateholder-nya yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad
serta prinsip-prinsip islam dan muamalah dalam islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang
digunakan oleh Toko Zoya Pamekasan dalam menghadapi persaingan bisnis yang
sangat ketat seperti sekarang ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala toko, karyawan dan pelanggan Toko
Zoya Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Zoya Pamekasan dilihat dari
aspek pemasarannya, telah menerapkan strategi pemasaran syariah yang terdiri
dari bauran pemasaran syariah, mencontoh karakteristik dan praktik pemasaran
Rasulullah SAW yaitu: rabbaniyah, akhlaqiyyah, al-waqi’iyyah dan insaniyyah,
penerapan nilai-nilai pemasaran syariah yaitu: siddiq, amanah, tabligh, fathonah
dan syaja’ah dan juga penerapan persaingan bisnis Islami.
Tidak tersedia versi lain