Text
PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJA SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Imam Hanafi, 2021, Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi Covid-19 Di SMPN 4
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr.Buna’i,S.Ag.,M.Pd
Kata Kunci: Media Sosial, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Negeri 4
Pamekasan ialah salah satu sekolah yang memanfaatkan media sosial Whatsapp sebagai
media pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar
nantinya siswa lebih semangat dalam mengkuti proses pembelajaran pendidikan agama islam
dan mampu mengamalkan ajaran-ajaran pendidikan agama islam yang telah didapat ketika
proses pembelajaran daring.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana peran media sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran
pendidikan agama islam Pada Era Pandemi Covid-19 di SMPN 4 Pamekasan Kedua,
Bagaimana motivasi belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan agama islam Pada Era
Pandemi Covid-19 setelah adanya media sosial di SMPN 4 Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Data
yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peran Media Sosial dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi
Covid-19 di SMPN 4 Pamekasan ialah semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia
sekolah mengeluarkan kebijakan pembelajaran berbasis daring khusunya pembelajaran
pendidikana agama islam dengan memanfatkan media sosial salah satu media sosial yang
dimanfatkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam ialah WhatsApp karena
aplikasi tersebut mudah untuk digunakan baik oleh guru maupun siswa kemudian mengenai
faktor pendukungnya ialah kuatnya jaringan akan menentukan suksesnya proses
pembelajaran daring ini dan faktor penghambatnya ialah minimnya paket data yang dimiliki
oleh guru maupun siswa akan tetapi sekolah memberikan solusi dalam mengatasi hal tersebut
deng cara memberikan bantuan paket data dengan menggunakan Dana Bantuan Operasional
Sekolah agar proses pembelajaran berbasis daring berjalan dengan efektif dan efisien. Kedua,
Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi
Covid-19 Setelah Adanya Media Sosial di SMPN 4 Pamekasan ialah Motivasi belajar yang
dimiliki oleh siswa lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya hal ini dibuktikan
banyaknya siswa aktif bertanya ketika proses pembelajaran pendidikan agama islam
berlangsung. Dan dampak itu semua ialah nilai hasil siswa dalam mengerjakan tugas-tugas
yang diberikaan oleh guru pendidikan agama islam yang didapatkannya sangat memuaskan
karena mayoritas nilai siswa tersebut diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang
ditentukan oleh SMP Negeri 4 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain