Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KARAKTER RASA INGIN TAHU BERBASIS TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KIMUNIKASI0 DI MADRASAH ALIYAH NURUL KAROMAH GALIS BAANGKALAN
ABSTRAK
Hosiri, 2020, Pelaksanaan Pembelajaran Karakter Rasa Ingin Tahu Berbasis TIK
di MA Nurul Karomah Galis Bangkalan, Tesis, Program Magister Pendidikan
Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid,
M.Pd. dan Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil.
Kata kunci: pembelajaran, karakter rasa ingin tahu, teknologi informasi dan
komunikasi.
Pengalaman belajar menjadi indikator keberhasilan sebuah pendidikan.
Maraknya perkembangan Teknologi telah berdampak cukup signifikan terhadap
perkembangan mental para remaja. Untuk itu, pendidik harus lebih serius dan
kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran agar semangat belajar siswa dapat
bergejolak bukan malah merasa jenuh atau bosan. Menjadikan teknologi sebagai
salah satu wahana untuk mensukseskan tujuan pembelajaran menjadi jawaban tepat
terhadap perkembangan zaman saat ini, namun realitanya tidak sedikit guru yang
bahkan kurang memahami terhadap penggunaan media teknologi. Fenomena
tersebut membuat peneliti sangat tertarik untuk mengangkatnya sebagai objek
penelitian dengan judul ”Pelaksanaan Pembelajaran Karakter Rasa Ingin Tahu
Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Madrasah Aliyah Nurul
Karomah Galis Bangkalan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pelaksanaan, faktor pendukung, penghambat dan solusinya dalam Pembelajaran
Karakter Rasa Ingin Tahu Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di
Madrasah Aliyah Nurul Karomah Galis Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah,
wakil kepala bagian kurikulum, wakil kepala bagian sarana prasarana, dua orang
guru dan dua orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran karakter
rasa ingin tahu berbasis TIK dilaksanakan secara daring karena saat ini merupakan
masa pandemi covid 19. Media aplikasi yang digunakan yaitu; aplikasi powerpoint,
activeinspire, tiktok, snack video, Zoom dan Whatsapp dengan berbasis komputer
dan android. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran karakter rasa
ingin tahu berbasis TIK ini yaitu; dukungan dari orang tua/wali, kemauan dari
siswa, kerjasama antar warga sekolah/madrasah, ketersediaan sarana pembelajaran,
jalinan kerjasama dengan lembaga SMK. Sedangkan faktor penghambat dan
solusinya yaitu; a) minimnya potensi guru, solusinya dilakukan sharing pengalaman
dan pengetahuan antar sesama guru; b) perangkat komputer/laptop yang sering
error (terkena virus), solusinya sering dilakukan perawatan secara continue dan
antivirus selalu di ubgrade; c) sering mati lampu, solusinya membeli jenset; d)
membutuhkan waktu lama dalam merancang materi, solusinya dengan saling
memberikan kesadaran tentang kewajiban seorang guru; e) internet kurang stabil,
solusinya berlangganan paket internet.
Tidak tersedia versi lain