Text
STUDI IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur, Irfani Sofi Unif, 2021, Studi Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam , Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Dosen Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata Kunci : Implementasi, Undang-Undang, Guru dan Dosen, Kinerja
Kinerja guru merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan oleh lembaga, kinerja guru menjadi ujung tombak dalam kemajuan lembaga pendidikan. Karena pada realitanya, masih terdapat beberapa guru yang masih mengalami permasalahan dalam peningkatan kinerjanya.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 1 Pamekasan, (2) Kendala Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 1 Pamekasan Beseta Solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan serta triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 1 Pamekasan meliputi: a) pembinaan dengan strategi internal melalui workshop, MGMP, Pemberian tugas tambahan, dan pembinaan dari kepala sekolah secara langsung, dan b) pembinaan startegi eksternal yaitu Guru diberikan kesempatan untuk mengikuti seminar-seminar yang dilaksanakan diluar sekolah sesuai dengan bidangnya, Guru diutus untuk mengikuti kegiatan pembinaan dan pengembangan guru yang diadakan oleh KEMENAG, Guru diutus untuk mengikuti kegiatan BIMTEK diluar Madura dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi guru. (2) Kendala implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 1 Pamekasan beserta solusinya meliputi; a) Pertama, tidak lengkapnya dan kurangnya sarana dan prasarana yang ada disekolah (seperti kekurangan LCD, ruangan aula yang kurang luas serta alat-alat yang ada dibeberapa laboratorium masih ada yang kurang lengkap), solusi untuk hambatan tersebut maka diharapkan sarana dan prasarana untuk dilengkapi, dan untuk ruangan aula akan dibangun aula yang lebih luas. b) Kedua, kurangnya pemahaman guru terhadap penguasaan penggunaan teknologi baru yaitu seperti penggunaan laptop, solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan lebih sering mengadakan workshop media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, dengan hal tersebut guru akan memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan kinerjanya dilembaga tersebut dengan menguasai penggunaan teknologi yang canggih.
Tidak tersedia versi lain