Text
Upaya Guru IPS Meningkatkan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Maarif 7 Candi Burung Proppo Pamekasan
BSTRAK
KHUSNULLAH. Upaya Guru IPS Meningkatkan Akhlak Siswa Pada Mata
Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Maarif 7 Candi Burung Proppo Pamekasan,
Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Itaanis Tiana, M.Sos, MA.Hum.
Kata Kunci: Guru IPS, Peningkatkan Akhlak Siswa, Pemlajaran IPS
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, mayarakat, bangsa, dan Negara. Manusia tidak dilahirkan serta merta
dengan pribadi modern. tetapi dibentuk oleh pengalaman-pengalaman semasa
hidupnya seperti pengalaman di dekolah lingkungan social yang ada
disekitarnya.pada hakikatnya pendidikan merubah sikap seseorang terutama masa
pertumbuhan/siswa disekolah yang harus dibina, dibimbing dan diarahkan oleh
guru untuk mempunyai akhlak yang baik. Tugas guru terhadap muridnya adalah
mendidik kearah yang lebih baik terutama dalam membentuk akhlak siswa di
sekolah maupun di luar sekolah, karena hal ini merupakan kewajiban bagi guru
(pendidik) seperti yang dilakukan oleh guru di SMP Maarif 7 Candi Burung
Proppo Pamekasan yang selalu membimbing, mengarahkan, mendidik dan
berupaya meningkatkan akhlak siswa agar terhendar dari pergaulan bebas yang
bisa merusak akhlak siswa.
Berdasarkan hal tersebut ada tiga pokok permasalahan yang menjadi
kajian dalam penelitian ini yaitu: pertama, upaya guru IPS meningkatkan akhlak
siswa di SMP Maarif 7 Pamekasan Candi Burung Proppo pamekasan.
Kedua,kendala guru IPS dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Maarif 7
pamekasan Candi Burung Proppo Pamekasan. Ketiga, dampak dari Upaya Guru
IPS dalam meningkatkan Akhlak siswa terhadap siswa SMP 7 Pamekasan Candi
Burung Proppo Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis diskriptif,
sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. yang menjadi
infoman yaitu guru IPS, kepala sekolah, dan Murid. Sedangkan data yang
dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya guru IPS meningkatkan
akhlak siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Maarif 7 Pamekasan, guru
berupaya mendidik dan membimbing siswa untuk mempunyai perilaku yang
baik. Sedangkan kendala yang dialami oleh guru dalam meningkatkan akhlak
terletak pada pengimplementasian dan karakter siswa yang berbeda. Solusi untuk
mengatasi kendala dengan cara represif, kuratis dan prenfentif Apapun dampak
guru dalam meningkatkan akhlak siswa, perilaku siswa semakin baik dan
berdampak pula terhadap motivasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain