Text
Upaya Keluarga dan Guru dalam Pendampingan Tahfidz Balita di PAUD Hidayatut Thullab Desa Bapelle, Kecamata Robatal, Kabupaten Sampang
ABSTRAK
St Munawaroh Arif, 2020, Upaya Keluarga dan Guru dalam Pendampingan
Tahfidz Balita di PAUD Hidayatut Thullab Desa Bapelle, Kecamata Robatal,
Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah, M. Ag.
Kata Kunci: Upaya Keluarga, Pendampingan Tahfidz Balita
Penelitian ini dilatar belakngi pada upaya keluarga dalam pendampingan
tahfidz balita untuk menciptakan insan yang berpegang teguh terhadap ketentuan
Al-Qur’an, hadist serta mufakat ulama’ juga menjadi generasi bangsa yang
berakhlakul karimah dan dapat menjaga keutuhan bangsa dan negara kesatuan
republik Indonesia (NKRI).
Fokus penelitian terdapat “apa saja yang dilakukan keluarga dalam
pendampingan pembelajaran tahfdz balita, apa saja faktor pendukun keluarga
dalam pendampingan tahfidz balit serta apa saja kendala keluarga dalam
pendampingan tahfidz balita”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian
deskkriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, obserfasi dan dokumentasi
informennya yang dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti adalah
guru dipaud hidayatut thullab dan keluarga sedangkan pengecekan tentang
keabsahan data ialah melalui ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) upaya keluarga dalam
pendampingan tahfidz balita di PAUD Hidayatut Thullab adalah dengan
menciptakan suasana dan situasi yang positif dalam rumah, memoroja’ah,
menemani dalam bermain sambil menghafal. (2) faktor pendukung keluarga
dalam pendampingan tahfidz balita di PAUD Hidayatut Thullab yaitu faktor
pendukung internal dan faktor pendukung eksternal. (3)kendala keluarga dalam
pendampingan tahfidz balita di PAUD Hidayatut Thullab yaitu, ada sebagian
yang tidak memperhatikan anak, malas-malasan, minimnya waktu belajar.
Tidak tersedia versi lain