Text
Penggunaan Media Elektronik dalam Menanamkan NilaiNilai Kecerdasan Spiritual Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Al-Qur’an Hadist dan Akidah Akhlak) di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Ghazali Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Eva Wulandari, 2020, Penggunaan Media Elektronik dalam Menanamkan NilaiNilai Kecerdasan Spiritual Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Al-Qur’an Hadist
dan Akidah Akhlak) di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Ghazali Kecamatan
Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Dosen
Pembimbing: Sri Nurhayati, M.Pd.
Kata Kunci: Media Elektronik, Kecerdasan Spritual
Kecerdasan yang paling tertinggi adalah kecerdasan spiritual karena
dengan kecerdasan spiritual seseorang akan bisa menggunakan kecerdasan
intelektual dan emosinya dengan baik sehingga bisa menjadi orang yang sukses.
Bukan hanya di kehidupan dunia tapi juga di akhirat. Dalam menanamkan
kecerdasan spiritual ini diperlukan media yang bisa membantu mempermudah
menanamkannya kepada siswa. Seperti penggunaan media elektronik dalam
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penggunaan media
elektronik pada saat pembelajaran di sekolah menengah pertama islam Al-Ghazali
kecamatan pegantenan kabupaten pamekasan, kedua bagaimana peran media
elektronik terhadap kecerdasan spiritual terhadap kecerdasan spiritual siswa di
sekolah mengah pertama islam Al-Ghazali.
Penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi,
informasinya adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, Akidah
Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan islam serta siswa , sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan dan
keajegan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama media elektronik yang
digunakan di SMPI Al-Ghzali pada saat pembelajaran yaitu laptop, internet, dan
handphone. Laptop digunakan untuk membuat dan manampilkan PPT, foto,
animasi, dan video yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Internet
digunakan untuk mencari sumber,kisah, dan video pembelajaran. sedangkan
handphone digunakan untuk mengakses internet pada saat pembelajaran. Kedua,
peran media elekronik terhadap kecerdasan spritual yaitu sebagai media yang
membantu guru mempermudah menanamkan kecerdasan spiritual yang sudah ada
dalam materi yang dipelajari. Serta sebagai pemberi motivasi kepada siswa untuk
lebih bersemangat dalam pembelajaran sehingga dengan siswa yang semangat,
mempermudah memilki kecerdasan spiritual berupa tingkat kesadaran yang
tinggi, kemampuan menghadapi rasa takut, kemampuan untuk cenderung bertanya
mengapa dan bagaimana jika serta kemampuan untuk cenderung melihat
keterkaitan berbagai hal.vi
Adapun saran dari peneliti pertama, kepada kepala kepala sekolah supaya
lebih banyak lagi menyediakan laptop untuk guru di kantor serta di setiap kelas
bisa diletakkan LCD permanent sehingga guru atau siswa tidak perlu repot untuk
mengambilnya ke kantor setip mau menggunakan. Selain itu, supaya lebih
meningkatkan lagi fasilitas internet bagi siswa supaya tetap lancar dan tidak
terlalu lama. Serta suatu saat bisa mengadakan pelatihan bagi guru dan siswa yang
tidak terlalu bisa mengoprasikan laptop. Kedua, bagi guru di SMPI Al-Ghazali
diharapkan bisa mengembangkan kompetensi dalam bidang media elektronik
khusunya media elektronik laptop. Ketiga, untuk siswa yang tidak bisa
mengoperasikan laptop diharpakan supaya bisa belajar di luar sekolah supaya
nanti tidak menjadi siswa yang ketinggalan zaman dengan perkembangan
teknologi.
Tidak tersedia versi lain