Text
STUDI PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI KARIR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Innani Mukarromah, 2020. Pelaksanaan Layanan Informasi Karir dalam
Meningkatkan pemahaman karir siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Pamekasan. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam, Fakultas
Tarbiyah. IAIN Madura, Pembimbing:
Kata kunci: Pelaksanaan Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan
pemahaman karir siswa
Pelaksanaan bimbingan konseling bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
layanan informasi karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa, keinginan
siswa banyak yang berbeda diantaranya, ingin menjadi guru, dokter, pedagan dll.
Dan sebetulnya kita kurang paham tanpa adanya bimbingan dari guru BK agar
siswa bisa meningkatkan pemahaman siswa tentang karir. Setelah bimbingan
berjalan setidaknya kita sebagai siswa bisa tahu membedakan karir mana yang
kita kuasai dan yang benar-benar menjadi keinginan siswa . Kebanyakan karir dan
keinginan siswa tidak sesuai dengan keinginan orang tua, maka dari itu guru BK
lah berperan penting untuk mengatasi perbedaan tersebut.
Ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini meliputi:
(1) Bagaimana pelaksanaan layanan informasi karir siswa dalam meningkatkan
pemahaman karir siswa di MAN I Pamekasan?, (2) apa saja faktor pendukung dan
penghambat layanan informasi karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa
di MAN I Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis
penelitian adalah kualitatif deskriftif. Sumber data adalah Kepala Madrasah, Guru
dan Guru BK dan Siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
adalah mendeskripsikan, sedangkan analisis keabsahan data melalui reduksi data,
display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan layanan informasi karir
dalam meningkatkan pemahaman karir siswa di MAN I Pamekasan dengan cara.
a) persiapan, di dalam persiapan ini guru BK berusaha semaksimal mungkin
memberi layanan informasi karir dengan cara menetapkan tujuan dan isi informasi
yang bertujuan untuk mengembangkan kemandirian siswa. materi informasi yang
diberikan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan dan permasalah siswa,
mengidentifikasikan sasaran yang menerima informasi, sasaran ini kepada siswa
kelas akhir. b) pelaksanaan, dan pelaksanaan ini sangat tergantung pada persiapan
yaitu memberikan informasi tentang karir berusaha menyajikan secara seitematis
dan senantiasa menggunakan Bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami
oleh siswa dan juga melakukan kerja sama dengan guru yangt lain itu sangat
penting, terutama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas. c) evaluasi,
dibiasakan mengevalusi setiap program yang dilakukan agar apa yang sudah
dilakukan bisa diukur tingkat keberhasilannya (2) hasil pelaksaan layanan
informasi karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa di MAN I
Pamekasan sangat baik, hal ini diketahui beberapa teknik pelaksanaan: yaitu
pertama dengan cara persiapan, yaitu a) menetapkan tujuan da nisi informasi
termasuk alasan alasannya. b) mengidentifikasikan sasaran (siswa) yang akan
menerima informasi, c) mengetahui sumber informasi, d) menetapkan teknikpenyampaian informasi, e) menetapkan jadwal dan waktu kegiatan, f) menetapkan
ukuran keberhasilan. Ke dua. Pelaksaan, a) usaha menarik minat dan perhatian
para siswa, c) berikan informasi secara sistematis, dan sederhana sehingga jelas isi
dan manfaatnya, d) berikan contoh yang berhubungan dengan kehidupan siswa. ke
tiga, Evaluasi, a) pembimbing mengetahui hasil pemberian informasi, b)
pembimbing mengetahui efektifitas suatu teknik, c) pembimbing mengetahui
apakah persiapan sudah cukup matang atau masih banyak kekurangan, d)
pembimbing mengetahui kebutuhan siswa akan informasi lain atau informasi yang
sejenis, e) bila dilakukan evaluasi, siswa merasa perlu memperhatikan lebih
serius, bukan sambal lalu. Dengan demikian timbul sikap positif dan menghargai
isi informasi yang diterimanya
Tidak tersedia versi lain