Text
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI MA. MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Durriyah, 2021 , berjudul Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Ips Di Ma.Miftahul Ulum Lenteng Sumenep, skripsi , Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah , IAIN Madura , Pembimbing :
Dr. H. R. Agoes Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, akuntansi.
Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan terutama dalam kegiatan mencapai tujuan belajar. Kesulitan belajar menimbulkan hambatan-hambatan dalam proses belajar seseorang, hambatan ini menyebabkan orang tersebut mengalami kegagalan atau setidak-tidaknya kurang berhasil dalam mencapai tujuan belajar. Kesulitan belajar ialah suatu kondisi dimana peserta didik tidak dapat atau tidak bisa belajar dengan baik, disebabkan karena adanya gangguan, baik berasal dari faktor internal dan faktor eksternal, faktor-faktor ini yang menyebabkan siswa tidak mampu berkembang sesuai dengan kapasitasnya atau kemampuannya.
Terdapat dua fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, apa saja kendala-kendala dalam pembelajaran akuntansi kelas XI IPS di MA. Miftahul –Ulum Lenteng Sumenep yaitu untuk mengetahui kendala – kendala dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MA. Miftahul – Ulum Lenteng Sumenep. Kedua, bagaimana cara mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MA. Miftahul – Ulum Lenteng Sumenep yaitu tujuannya untuk mengetahui cara mengatasi kesulitan pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MA. Miftahul – Ulum Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptog, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentansi. Informannya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran akuntansi dan siswa perwakilan kelas XI ips.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, siswa kelas XI ips mengalami kesulitan belajar akuntansi tetapi tidak semuanya hanya sebagian, kedua upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi sangat bersemangat dalam membimbing siswanya yang mengalami kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi. Karena bagi guru tingkat kepahaman siswanya yang diutamakan.
Tidak tersedia versi lain