Text
The Correlation between Multi Grade Teaching and Students’ confidence in Speaking Class at Putri Dharma Course
ABSTRAK
Kamilatus Siyadah, 2021, The Correlation between Multi Grade Teaching and Students’ confidence in Speaking Class at Putri Dharma Course, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Achmad Baidawi, M.Pd.
Kata kunci: Multi Grade Teaching, Students’ confidence, English Kids, Putri Dharma Course
Berbicara merupakan keterampilan yang kompleks yang membutuhkan waktu untuk mengembangkannya. Pembelajaran berbicara atau speaking harus sesuai dengan budaya berbicara yaitu kelas berbicara. Artinya di kelas speaking, baik guru maupun siswa harus aktif. Untuk aktif di kelas siswa harus percaya diri. Karena itu, berbicara erat hubungannya dengan percaya diri. Self-Confidence atau percaya diri merupakan Salah satu aspek non-linguistik. Percaya diri adalah kemampuan untuk mengambil tindakan yang tepat dan efektif dalam situasi apa pun, betapapun menantang bagi orang lain.
Berbicara tentang kelas berbicara, Kursus Putri Dharma (PDC) merupakan salah satu kursus yang ada di Pamekasan. Ketua lembaga PDC membuat kelas khusus untuk berbicara yaitu kelas English Kids karena dia memahami kebutuhan dalam masyarakat dan pendidikan. Mereka meyakini bahwa mampu dalam berbicara bahasa Inggris merupakan sebuah bukti dari Belajar Bahasa Inggris. Di kelas English Kids itu terdiri dari siswa yang berbeda tingkatan. Oleh karena itu, sangat menarik untuk diteliti apakah semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin baik keterampilan berbicara siswa, dan adakah hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri siswa dengan keterampilan berbicara siswa pada anak bahasa Inggris di Kursus Putri Dharma.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah siswa 27 siswa sebagai sampel dari 108 siswa dalam populasi. Peneliti menggunakan cluster sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket dan tes. Setelah memeriksa instrumen tersebut valid dan reliabel, maka peneliti menganalisis datanya dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Di mana peneliti menganalisis data numerik. Langkah selanjutnya adalah menguji hipotesis dan mendiskusikan hasilnya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi akan semakin baik dalam keterampilan berbicara kemudian nilai rxy sebesar 0,413 dan nilai rtabel nilai koefisien korelasi product moment pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,381. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rtabel, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya ada hubungan antara kepercayaan diri siswa dengan keterampilan berbicara siswa pada anak bahasa Inggris di Kursus Putri Dharma (PDC).
Peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang sama dengan objek penelitian yang berbeda.
Tidak tersedia versi lain