Text
KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Irvan Zainul Muttaqin, 2020, Kinerja Guru BK Dalam Membantu Perencanaan
Karir Siswa Di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan, Program Studi
Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembingbing: Dr. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Kinerja Guru BK dan Perencanaan Karir
Penelitian ini dilatar belakangi perencanaan karir siswa di sekolah. Ada
tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana
perencanaan karir siswa di SMK Miftahul Qulub?; 2) Bagaimana kinerja guru BK
dalam membantu perencanaan karir siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan
Pamekasan?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambatan guru BK dalam
membantu perencanaan karir siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan?.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi
pada guru bimbingan dan konseling agar dapat memaksimalkan perencanaan karir
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Teknik yang
digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data,
display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan
data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fokus penelitian pertama
tentang bagaimana perencanaan karir siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan
Pamekasan ditemukan: 1) Perencanaan karir siswa sesuai dengan jurusan 2)
Perencanaan karir siswa sudah dilakukan oleh sekolah dengan diadakan praktek
kerja lapangan (PKL). Pada fokus penelitian kedua tentang bagaimana kinerja
guru BK dalam membantu perencanaan karir siswa di SMK Miftahul Qulub
Polagan Pamekasan ditemukan: 1) Guru bk memberikan motivasi dan informasi
tentang karir siswa; 2) Guru BK memberikan bimbingan karir ketika siswa
bingung setelah lulus mau bekerja atau mau kuliah; 3) Yang membantu guru BK
adalah kepala program, waka kesiswaan, dan waka humas. Pada fokus ketiga
tentang Apa saja faktor pendukung dan penghambatan guru BK dalam membantu
perencanaan karir siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan ditemukan:
1) Faktor pendukungnya adalah praktek kerja lapangan (PKL); 2) Faktor
penghabatnya adalah kurangnya bahan mentah praktek di sekolah.
Tidak tersedia versi lain