Text
IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Afiesya Viedya Balqies FS, 2020. Implementasi Bimbingan Dan Konseling
Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Pamekasan. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam, Fakultas
Tarbiyah. IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Implementasi Bimbingan Dan Konseling, Mengatasi Kenakalan
Siswa
Pelaksanaan bimbingan konseling bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran
diri (baik individu maupun masyarakat) tentang kebenaran nilai dan pandangan
hidup sehingga terjadi proses internalisasi nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari
dan terhindarkanya individu dari segala problem kehidupan sosial yang
dialaminya tentu sebagai konselor harus mampu menguasai dengan sebaik - baiknya apa, mengapa dan bagaimana pelayanan konseling. Kenakalan siswa
memang harus ditangani secara serius dan berkelanjutan sebab siswa sebagai
tulang punggung bangsa untuk membangun bangsa di masa depan. Berkaitan
dengan masalah kenakalan siswa di madrasah, maka peran dan pelaksanaan
bimbingan dan konseling harus mampu mengatasi berbagai problem siswa se- efektif mungkin. Oleh sebab itu perlu adanya bimbingan membantu siswa dalam
mengatasi masalah-masalah pribadi yang berhubungan dengan pendidikan
sehingga dapat membantu siswa untuk berperilaku yang lebih baik.
Ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini meliputi:
(1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan
siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan?, (2) Bagaimana hasil
pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa (student
delinquency) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis
penelitian adalah kualitatif deskriftif. Sumber data adalah Kepala Madrasah, Guru
dan Guru BK dan Siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
adalah mendeskripsikan, sedangkan analisis keabsahan data melalui reduksi data,
display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan bimbingan konseling
dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Pamekasan beberapa cara pelaksanaan; Pertama, melakukan pendekatan dengan
siswa, Kedua, mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa. Ketiga, melakukan
usaha pembinaan siswa. (2) Hasil pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam
mengatasi kenakalan siswa (student delinquency) di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) 1 Pamekasan sangat baik, hal ini di ketahui dengan dua cara; individu dan
kelompok. Kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan
sangat beragam diantaranya pelanggaran yang tampak kasat mata dilakukan siswa
diantaranya; berkata yang tidak baik, gaya rambut yang di semir, terlambat datang
ke madrasah, atributnya tidak lengkap, menyembunyikan hp di dalam tas atau
sakunya dan membolos. Beragamnya kenakalan siswa tersebut, pengelola
madrasah harus mampu memberikan solusi terbaik dari setiap kenakalan yang
muncul dan dicarikan penyelesaian yang cocok bekerjasama dengan para guru,
stake holder dan orang tua, kondisi saat ini masalah kenakalan siswa dapat teratasi
dengan baik
Tidak tersedia versi lain