Text
PENERAPAN METODE ONE DAY ONE HADITS PADA PEMBELAJARAN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DI MA SUNAN AMPEL KECAMATAN BURNEH BANGKALAN
ABSTRAK
Fitriyatul Hasanah, 2021, Penerapan Metode One day One Hadits Pada Pembelajaran
Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII di MA Sunan Ampel
Kecamatan burneh Kabupaten Bangkalan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Dosen
Pembimbing: Drs. Zainol Hasan, M. Ag
Kata Kunci : Penerapan Metode One day One Hadits, Hasil Belajar.
Dalam proses belajar mengajar perlu adanya strategi maupun metode
pembelajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan kepada siswa. Metode sebagai
alat untuk menyampaikan materi pelajaran dengan menarik, efektif dan efisien. Metode
yang dirasa tepat dan cocok pada pembelajaran hadits yakni metode one day one hadits.
Metode ini merupakan metode menghafal yang sama halnya dengan seperti metode
One Day One Ayat dimana metode tersebut menerapkan siswa dapat menghafal satu
hari satu Ayat. Metode One Day One Hadits ini mengambil dari metode penghafalan
Al-Qur’an yang dikembangkan oleh Ustad Yusuf Mansur. Metode one day one hadits
yakni cara menghafal hadits dengan satu hari satu hadits. Dengan adanya metode
menghafal ini guru mengharapkan siswa lebih meningkatkan hasil belajarnya. Hasil
belajar adalah proses untuk melihat sejauh mana siswa dapat menguasai pembelajaran
setelah mengikuti proses belajar mengajar. Hasil belajar dapat dilihat dari segi
kemampuan intelektual (kognitif), kemampuan minat atau emosi (afektif), dan
kemampuan motorik (psikomotorik) pada siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama penerapan metode One Day One Hadits pada
pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di MA Sunan
Ampel Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, kedua manfaat dari penerapan
metode One Day One Hadits pada pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil
belajar siswa kelas XII di MA Sunan Ampel Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan,
dan ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode One Day One
Hadits pada pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di
MA Sunan Ampel Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian inkuiri
naturalistik. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi tidak ikut berperan serta dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah
kepala sekolah, guru, siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pelaksanaan penerapan metode one
day one hadits pada pembelajaran hadits dengan cara siswa menyetorkan hafalan satu
hadits kepada guru. Kedua manfaat dari metode one day one hadits pada pembelajaran
hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikelas. Siswa lebih aktif saat
pembelajaran dan bersemangat dalam belajar. Ketiga faktor pendukung yakni, guru,
siswa dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yakni dari segi
keterbatasan waktu dalam menghafal, sebagian siswa kurangnya minat dan bakat,
kurangnya motivasi diri, dan tingkat kecerdasan siswa yang berbeda. Ada sebagian
siswa yang merasa kesulitan dalam menghafal.
Tidak tersedia versi lain