Text
Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Biblioterapi terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan
ABSTRAK
Wardatut Toli’ah, 2021, Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Biblioterapi terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII IPS di
MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan
Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Madura, Dosen Pembimbing: Misnawi, S.Pdi., M.Pd.I.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Biblioterapi, Kemandirian Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki
kemandirian belajar yang rendah sehingga banya k terdapat siswa yang tidak
mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran dan
masih bergantung kepada guru maupun teman sekelasnya. Ada dua permasalahan
yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah efektivitas
bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan
kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong
Pamekasan; kedua, Seberapa besar efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik
biblioterapi terhadap peningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di
MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan rancangan
pre-experimental design, desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest
design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling
purposive, dengan jumlah sampel 22 siswa kelas IPS di MA Sumber Bungur
Pakong Pamekasan. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket,
wawancara, dan uji validitas. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon
signed rank test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan kemandirian belajar siswa Kelas
XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Tingkat efektivitas
bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi terhadap peningkatkan
kemandirian belajar siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong
Pamekasan ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 99,5 sedangkan
jumlah nilai rata-rata pretest sebesar 84,1. Berdasarkan pengambilan uji wilcoxon,
dapat diketahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan kemandirian belajar
siswa kelas XII IPS di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, ditunjukkan
dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan
bahwa Ho ditolak dan Ha diterima
Tidak tersedia versi lain