Text
PEMBELAJARAN REMEDIAL IPS : STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Dhaviq Akbar, 2021, Pembelajaran Remedial IPS: Studi Kasus pada Siswa Kelas
VII di MTsN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Dosen
Pembimbing: Hasan Basri, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Remedial, Ilmu Pengetahuan Sosial
Dalam proses pembelajaran pasti terdapat siswa yang mangalami kesulitan
dalam belajar hal itu menjadi tugas guru untuk membantu peserta didik mengatasi
kesulitan belajar yang dialami. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru
adalah dengan menggunakan pembelajaran remedial. Pembelajaran remedial
adalah pembelajaran yang bertujuan untuk perbaikan terhadap siswa yang
mengalami kesulitan belajar atau tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Ada
dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama,
bagaimana strategi pembelajaran remedial IPS dalam mengatasi kesulitan belajar
siswa kelas VII di MTsN 3 Pameksan; kedua, apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran remedial IPS terhadap siswa kelas VII di MTsN
3 Pamekasan; ketiga, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran remedial
IPS di MTsN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan
dokumentasi, informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta
didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembelajaran
remedial IPS yang digunakan oleh guru adalah dengan cara pemberian soal-soal
latihan yang diambil di BTP (Buku Teks Pelajaran) dan UKBM (Unit kegiatan
Belajar Mandiri) dan memanfaatkan tutor sebaya untuk membantu kesulitan
belajar yang dialami peserta didik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat
dalam pembelajaran remedial IPS yaitu: faktor pendukung; adanya BTP dan
UKBM yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran remedial dengan
mengambil soal-soal yang terdapat didalamnya. Faktor penghambat; faktor
penghambat adalah respon siswa yang tidak mementingkan adanya pembelajaran
remedial padahal dapat memabantunya dalam mengatasi kesulitan belajar
terutama bagi siswa kelas VII yang masih membutuhkan penyesuaian karena
peralihan dari masa SD ke SMP/MTs. Ketiga, Respon siswa terhadap
pembelajaran remedial IPS di MTsN 3 Pamekasan sangat bagus, siswa
beranggapan bahwa pembelajaran remedial IPS membantu dalam mengatasi
kesulitan belajar yang sedang mereka alami. Selain itu, pembelajaran remedial
juga membantu siswa untuk semakin meningkatkan nilai belajarnya sehingga
mencapai target KKM.
Tidak tersedia versi lain