Text
STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT MULTAZAM PAMEKASAN
ABSTRAK
Dwi Indah Fitriana, 2021, “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDIT Multazam”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Ahmad Fawaid, M.Pd.I
Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam.
Dalam kehidupan sosial kemanusiaan Pendidikan Agama Islam bukan hanya sekedar proses mentransfer ilmu pengetahuan, akan tetapi Pendidikan Agama Islam juga bertujuan membentuk dan Menanamkan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Pendidikan Agama Islam harus sudah ditanamkan mulai sejak sedini mungkin. Karena anak usia dini merupakan usia keemasan, dimana anak lebih suka meniru. Pendidikan Islam sangat penting dalam kehidupan sehar-hari, bukan hanya pendidikan umum saja. Untuk MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam diharapkan pendidik harus memiliki Strategi yang tepat agar dalam kegiatan proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam Penelitian ini, yaitu : pertama, BagaimanaStrategi Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan AgamaIslam di SDIT Multazam Pamekasan; kedua, Apa saja Nilai-Nilai Pendidikan AgamaIslam yang diterapkan di SDIT Multazam Pamekasan; ketiga, Bagaimana keberhasilan Strategi guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDIT Multazam Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Tahfidz dan Peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil Penelitian yang diperoleh adalah: (1) Strategi Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam yakni menggunakan pembiasaan, keteladanan, Nasihat, Tsawab (Hukuman). (2) Nilai-Nilai yang diterapkan yakni Nilai Aqidah, Akhlak, dan Syari’ah. (3) Keberhasilan yang diperoleh yakni Peserta didik dapat berubah menjadi lebih baik lagi, sering mencontoh kebiasaan baik.
Tidak tersedia versi lain