Text
PENGARUH REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TAUHID KELAS 3 DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH ULA RAUDLATUL ULUM DESA SENDIR KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP
Abstrak
Rofiatus Shalihah, 2021, Pengaruh Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam
Mata Pelajaran Tauhid Kelas 3 di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Raudlatul
Ulum Desa Sendir Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan
PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M. Ag.
Kata Kunci: Reward, Hasil Belajar.
Dalam proses pembelajaran, terkadang siswa merasa malas, kehilangan
fokus, semangat dan ketertarikan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Reward
merupakan suatu cara atau metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan
semangat dan motivasi belajar siswa agar siswa merasa senang untuk berlamalama dalam kegiatan pembelajaran, yang terdapat kemungkinan juga akan
memberikan pengaruh positif terhadap kualitas hasil belajar siswa. Berdasarkan
permasalahan yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
Pengaruh Reward Terhadap Hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa
besar Pengaruh Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : (1) Adakah pengaruh
reward terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tauhid kelas 3 di
Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Raudlatul Ulum Desa Sendir Kecamatan
Lenteng Kabupaten Sumenep? (2) Seberapa besar pengaruh reward terhadap hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran tauhid kelas 3 di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Ula Raudlatul Ulum Desa Sendir Kecamatan Lenteng Kabupaten
Sumenep?
Penelitian ini termasuk kategori penelitian pendekatan kuantitatif dengan
metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 MDTU.
Raudlatul Ulum Desa Sendir Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep sejumlah
20 siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi
product moment karena penelitian ini mencari hubungan antara dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh reward terhadap
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tauhid kelas 3 di Madrasah Diniyah
Takmiliyah ula Raudlatul Ulum Desa Sendir Kecamatan Lenteng Kabupaten
Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan rumus product
moment dengan menggunakan software SPSS 24 yang menunjukkan bahwa nilai
“r” hitung sebesar 0,872 lebih besar dari nilai “r” tabel yaitu pada N=20 dengan
interval 95% sebesar 0,444 dan dalam kepercayaan 99% sebesar 0,561. Dengan
demikian, hipotesis kerja (Ha) yang diajukan oleh peneliti diterima dan (Ho)
ditolak. (2) Besar pengaruh reward terhadap hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran tauhid kelas 3 di Madrasah Diniyah Takmiliyah ula Raudlatul Ulum
Desa Sendir Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep adalah “sangat kuat”. Hal
ini dibuktikan dengan hasil analisis dan statistik menggunakan rumus product
moment yang menunjukkan bahwa nilai “r” hitung sebesar 0,872 koefisien
korelasinya berada diantara 0,80 – 1,000
Tidak tersedia versi lain