Text
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN SISWA SMP MA'ARIF 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Anita Tiara Ayu. 2021: Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Kelas VII A SMP Ma’arif 4 Pamekasan, Skripsi, Progran Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Dosen Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Etika Pergaulan
Pada era millennial seperti zaman sekarang ini sangat penting untuk menerapkan etika pergaulan yang baik terutama bagi siswa kelas VII. Hal tersebut dikarenakan siswa kelas VII berada pada masa peralihan dari jenjang sekolah dasar menuju pada jenjang sekolah menengah pertama. Pada masa itulah siswa yang baru beradaptasi masih dapat dikatakan labil dalam berperilaku dikarenakan pengaruh dari arus pergaulan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan etika pergaulan siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana gambaran etika pergaulan siswa kelas VII A SMP Ma’arif 4 Pamekasan?, kedua, bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan etika pergaulan siswa SMP Ma’arif 4 Pamekasan?
Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan etika pergaulan siswa. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK dan wali kelas VII A.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, etika pergaulan siswa kelas VII A di SMP Ma’arif 4 Pamekasan masih terbilang rendah. Hal tersebut dipaparkan oleh guru BK dan guru wali kelas VII A saat peneliti melakukan wawancara. Kedua, penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan etika pergaulan siswa kelas VII A SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket dari pra siklus dengan nilai rata-rata 61,27% yang meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,13% dan juga semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,39%.
Tidak tersedia versi lain