Text
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MEMORIA DALAM BERETORIKA SISWI KELAS XI MA AL-FALAH DEMPO BARAT PASEAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Ainiyatul Hasanah, 2020, Efektivitas Penggunaan Metode Memoria dalam Beretorika
Siswi Kelas XI MA Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan, skripsi, Program Studi
Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,
Dosen Pembimbing: Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran, metode memoria, Retorika.
Kebutuhan yang sangat penting bagi manusia adalah pendidikan, karena pendidikan
merupakan tempat dan wadah bagi siswa atau manusia lainnya untuk menguasai berbagai
macam hal, pendidikan sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, sehingga manusia juga
butuh belajar untuk bisa mengetahui apa yang akan dilakukan dimasa depan. Dengan
pembelajaran akan sangat membantu kita dalam memilih dan mengenal sesuatu. Karena
pembelajaran merupakan suatu proses untuk memberikan bimbingan atau bantuan kepada
peserta didik dalam proses belajar. Dalam belajar, seseorang perlu menguasi 4 keterampilan.
Keterampilan menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Keterampilan berbicara sangat
dibutuhkan oleh seorang orator. Berbicara sama halnya dengan beretorika. Maka dari itu,
dibutuhkan metode memoria yang dapat membantu seseorang agar bisa beretorika dengan
baik.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga hal yang menjadi pokok permasalahan dalam
penelitian ini. Yaitu: pertama, bagaimana perencanaan efektivitas penggunaan metode
memoria dalam beretorika siswi M.A Al-falah Dempo Barat kelas XI. Kedua, bagaimana
pelaksanaan efektivitas penggunaan metode memoria dalam beretorika siswi M.A Al-falah
Dempo Barat kelas XI. Ketiga, bagaimana evaluasi efektivitas penggunaan metode memoria
dalam beretorika siswi MA Al-Falah Dempo Barat kelas XI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari guru
Bahasa Indonesia. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, tahap perencanaan/persiapan: menyiapkan
alat dan menyusun kerangka yang akan dilakukan pada tahap pelaksanaan. Kedua, tahap
pelaksanaan, pada tahap ini siswi dikelas XI sudah dikatakan bisa menerapkan metode
memoria dalam beretorika dan juga lancar dalam melakukan wawancara. Pada tahap ketiga
yakni evaluasi, siswi di kelas XI bisa menjawab dengan lancar pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan oleh peneliti. Sehingga Efektivitas Penggunaan Metode Memoria dalam Beretorika
Siswi Kelas XI MA Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan sudah dibilang efektif
Tidak tersedia versi lain