Text
IMPLEMENTASI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP KELAS 4 MI DARUT TAUHID SAMPANG
ABSTRAK
Nur Faridatul Hasanah, 2020: Implementasi metode Numbered Head Together
(NHT) Terhadap Prestasi Belajar IPA Materi Makhluk Hidup
Kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing: Moh. Imam Sufiyanto, S.Si., S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: metode NHT, prestasi, belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di dalam
kelas, terutama saat proses KBM berlangsung. Dari permasalahan ini pendidik
diharapkan dapat memberikan rangsangan kepada peserta didik sehingga dapat
menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik. Salah satu rangsangan yaitu
dengan cara menggunakan metode NHT dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti
membahas terkait implementasi metode Numbered Head Together (NHT).
Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1)
Bagaimana langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) pada mata pelajaran IPA materi makhluk hidup kelas 4 MI Darut
Tauhid Sampang? (2) Apa saja faktor penghambat dan upaya apa saja yang
dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat penerapan metode Numbered
Head Together (NHT) kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang? (3) Adakah peningkatan
prestasi belajar IPA materi makhluk hidup dalam penerapa metode Numbered Head
Together (NHT) kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang? Hasil penelitian ini diharap
mampu memberikan pemahaman kepada calon guru dan guru mengenai
implementasi metode Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar
IPA materi makhluk hidup. Serta memberikan pemahaman akan pentingnya suatu
model pembelajaran untuk anak tingkat dasar.
Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan
pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya berupa deskriptif. Data yang
dikumpulkan dengan menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan peneliti diantaranya
mereduksi data, mendisplay data (menyusun data), kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa guru sangat berperan dalam proses KBM
terutama dalam menerapkan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap
siswa kelas 4 MI Darut Tauhid Sampang, yaitu dengan cara: (1) Sebagai pengajar
atau pendidik yaitu guru mengoptimalkan proses KBM yang berlangsung di dalam
kelas dengan beberapa model pembelajaran (2) Sebagai motivator, yaitu guru
memberikan dorongan dan dukungan kepada siswa (3) Sebagai pembimbing, yaitu
guru membimbing dan mengarahkan siswa (4) Sebagai Fasilitator, yaitu guru
memberikan pelayanan yang terbaik terhadap siswa. Adapun faktor penghambat:
(1) Membutuhkan waktu yang lama (2) Siswa merasa malu saat tampil didepan
kelas (3) Cara berkomunikasi yang kurang baik, karena dalam kesehariannya
berkomunikasi dengan temannya menggunakan bahasa madura. Sedangkan upaya
yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat tersebut guru
memberikan motivasi terhadap siswa. Peningkatan yang terjadi dalam proses KBM
terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) tersebut membuat
siswa aktif di dalam kelas.
Tidak tersedia versi lain