Text
KREATIVITAS GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MTsN 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Fajarini Farizi, 2021, Kreativitas Guru IPS Dalam Pembelajaran Daring (Online)
Di MTsN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Madura, Dosen Pembimbing:
Sukron Romadhon, M. Si.
Kata Kunci: kreativitas Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, pembelajaran daring
Dimasa pandemi COVID-19 guru dan siswa tidak mungkin bisa
melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, namun dilakukan dengan
pembelajaran daring, Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh
antara guru dengan siswa tidak bertatap muka secara langung namun
memanfaatkan jaringan dan perangkat dan juga media pembelajaran seperti Elearning dan juga WA Group.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, bagaimana kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di
MTsN 3 Pamekasan: kedua, bagaimana respon siswa terhadap kreativitas guru
IPS dalam pembelajaran daring di MTsN 3 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor
penghambat dan pendukung kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di
MTsN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi,
informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kreativitas guru IPS di
MTsN 3 Pamekasan selain mengerjakan UKBM peserta didik juga diarahkan
untuk lebih mengetahui tentang COVID-19 dengan cara membuat Peta persebaran
COVID-19 diarea Jawa Timur serta cara pencegahanya dan juga meneliti
lingkungan, serta membuat laporan sederhana dilingkungan rumah peserta didik
masing-masing, membuat Mind Mapp, pembelajaran melalui Youtube.Kedua,
respon siswa dalam pembelajaran daring akan berbading searah dengan respon
guru, jika respon guru baik akan meningkatkan semangat belajar siswa dan siswa
merasa senang karena menggunkaan media pembelajaran yang mudah diakses
oleh siswa . Ketiga, faktor penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran
daring yaitu: faktor penghambat; jaringan, terkendala perangkat, pengetahuan
siswa. Faktor pendukung; faktor pendukung adalah bagaimana kemauan dari guru
untuk tetap mengetahui dan belajar terhadap media pembelajaran yang digunakan
sebagai bahan tercapainya pembelajaran yang efektif dan efisien.
Tidak tersedia versi lain