Text
UPAYA PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA JURUSAN IPS DI MA AL-ISLAMIYAH 1 SUMBER BATU BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Izzyatul Fajariyah, 2021. Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Siswa
Jurusan IPS Di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Dosen Pembimbing: Siti
Azizah, M.Pd.
Kata Kunci: Penanaman Karakter, Peduli Sosial, Siswa Jurusan IPS, MA AlIslamiyah 1
Pendidikan merupakan salah satu lembaga yang sangat penting dalam
kehidupan manusia dikarenakan pendidikan dapat jadikan untuk meningkatkan
kecerdasan serta membentuk karakter siswa. Akan tetapi masalah di dunia
pendidikan dewasa ini khususnya pendidikan di Indonesia cenderung lebih
mementingkan aspek kognitif dari pada pembentukan karakter sehingga ketidak
seimbangan tersebut menimbulkan perilaku buruk. Salah satu karakter yang mulai
memudar di masa sekarang ini adalah karakter peduli sosial yang merupakan
tindakan atau tingkah laku memperhatikan sesuatu dengan tujuan membantu.
Permasalahan tersebut menyebabkan terjadinya tindakan penyimpangan moral
dan norma yang berlaku di sekolah seperti tindak kekerasan, Bullying, sikap acuh
tak acuh, enggan menolong dan sebagainya. Berdasarkan hal tersebut penanaman
karakter peduli sosial sangat penting dimiliki siswa agar terhindar dari perilaku
buruk tersebut.
Adapun fokus masalah pada penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana
upaya penanaman karakter peduli sosial siswa jurusan IPS di MA Al-Islamiyah 1
Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana kendala
sekolah dan guru Jurusan IPS dalam menanamkan karakter peduli sosial siswa
jurusan IPS di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan
Pamekasan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sedangkan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengecekan datanya
menggunakan perpenjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan
uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya penanaman karakter
peduli sosial siswa jurusan IPS di MA Al-Islamiyah 1 dilakukan dengan tiga cara
yaitu (1) Program pengembangan diri, yang terdiri kegiatan rutin, spontan dan
keteladan. (2) Integrasi dengan mata pelajaran, yaitu mengintegrasikan RPP serta
pendekatan pembelajaran dengan karakter peduli sosial. (3) Budaya sekolah
dilakukan sesuai dengan indikator nilai kepedulian sosial. Kedua, kendala sekolah
dan guru jurusan IPS dalam menanamkan karakter peduli sosial siswa jurusan IPS
di MA Al-Islamiyah 1 yaitu sikap egoisme siswa dan lingkungan luar sekolah.
Tidak tersedia versi lain