Text
UPAYA GURU EKONOMI DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG KEMANDIRIAN EKONOMI TERHADAP SISWA KELAS XI DI MA AN-NAWARI SERATENGAH BLUTO SUMENEP
ABSTRAK
Kamilia Rizqo Maulida, 2021, Upaya Guru Ekonomi dalam Memberikan
Pemahaman Tentang Kemandirian Ekonomi Terhadap Siswa Kelas XI di MA AnNawari Seratengah Bluto Sumenep, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Madura, Dosen Pembimbing Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci: Upaya, Guru Ekonomi, Kemandirian Ekonomi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena banyaknya
pengangguran yang terjadi bahkan angka pengangguran setiap tahun terus
meningkat di negara Indonesia, kelangkaan kesempatan kerja, dan lain sebagainya.
Dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru ekonomi memiliki tugas dan
upaya dalam memberikan pemahaman tentang kemandirian ekonomi. Dalam hal
ini peneliti membahas terkait upaya guru ekonomi dalam memberikan pemahaman
tentang kemandirian ekonomi terhadap siswa kelas XI di MA An Nawari
Seratengah Bluto Sumenep. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam
penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru ekonomi dalam memberikan
pemahaman tentang kemandirian ekonomi terhadap siswa kelas XI di MA AnNawari Seratengah Bluto Sumenep? (2) Apa saja faktor pendukung upaya guru
ekonomi dalam memberikan pemahaman tentang kemandirian ekonomi terhadap
siswa kelas XI di MA An-Nawari Seratengah Bluto Sumenep? (3) Apa saja faktor
penghambat upaya guru ekonomi dalam memberikan pemahaman tentang
kemandirian ekonomi terhadap siswa kelas XI di MA An-Nawari Seratengah Bluto
Sumenep? Hasil penelitian ini diharap mampu memberikan pemahaman kepada
calon guru dan guru mengenai upaya guru ekonomi dalam memberikan pemahaman
tentang kemandirian ekonomi sehingga tercapai suatu tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan
pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi
partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk
analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa
uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan
yang sebenarnya di lapangan.
Hasil penelitian ini bahwa guru ekonomi sangat berperan dalam memberikan
pemahaman tentang kemandirian ekonomi terhadap siswa kelas XI MA An Nawari
Seratengah Bluto Sumenep yaitu dengan cara: (1) Sebagai pengajar dan pendidik,
yaitu guru mengoptimalkan pelajaran ekonomi di kelas dengan beberapa metode
pembelajaran (2) Sebagai motivator, yaitu guru memberikan dorongan dan
dukungan kepada siswa (3) Sebagai pembimbing, yaitu guru membimbing dan
mengarahkan siswa (4) Sebagai fasilitator, yaitu guru memberikan pelayanan yang
terbaik terhadap siswa. Adapun faktor pendukung: (1) Dukungan orang tua (2)
Bantuan buku dari pemerintah (3) Dukungan kepala sekolah (4) persiapan yang
matang sebelum mengajar (5) kegiatan ekstrakulikuler. Sedangkan faktor
penghambat: (1) Faktor internal, seperti kurangnya minat siswa (2) Faktor
eksternal, seperti kurangnya modal, kurangnya sarana dan prasarana, dan
kurangnya motivasi dari orang tua.
Tidak tersedia versi lain